Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaTomohon

Wali Kota Lantik Edwin Roring sebagai Sekdakot Tomohon

×

Wali Kota Lantik Edwin Roring sebagai Sekdakot Tomohon

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Bertempat di Emera Hills, Tomohon, Jumat (23/7), dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji dan Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Tomohon oleh Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. kepada Edwin Roring, S.E., M.E. sebagai Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon Walikota Tomohon.

Caroll Senduk mengucapkan selamat kepada Sekdakot Tomohon Edwin Roring, S.E., ME., yang baru dilantik.

MANTOS MANTOS

“Semoga sukses selalu dalam mengembang tugas dan tanggung jawab ini,” kata Senduk.

Pengangkatan pejabat dalam suatu jabatan, kata Wali Kota, merupakan bagian dari pengembangan karier aparatur sipil negara yang didasarkan pada aturan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk diangkat dalam suatu jabatan setiap aparatur harus memiliki integeritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat serta dapat menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945,” ungkap Senduk.

Hal itu, katanya, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa jabatan ASN terdiri dari jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrasi dan jabatan fungsional. Proses pengambilan sumpah, janji dan pelantikan pejabat struktural merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk menduduki suatu jabatan dalam suatu organisasi pemerintahan,” imbuhnya.

Lanjutnya, pelantikan ini merupakan bagian dari pembinaan karir PNS dan menjadi salah satu perhatian CSWL untuk lebih memberdayakan potensi dan kemampuan PNS dalam mengembangkan karir demi terwujudnya ASN yang profesional.

“Penggantian pejabat pimpinan tinggi sekretaris daerah dilakukan karena pejabat sebelumnya telah memasuki batas usia pensiun terhitung mulai tanggal 1 Desember 2020. Pengisian jabatan sekretaris daerah telah melalui proses seleksi terbuka, yang telah dilaksanakan oleh panitia seleksi terbuka, yang terdiri dari unsur akademisi dan pejabat birokrasi dalam instansi pemerintah yang terkait, yang tentunya memiliki kompetensi, dan keahlian sesuai dengan jabatan yang diseleksi,” ujarnya.

Katanya lagi, proses pelaksanaan seleksi telah dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, hasil seleksi telah disampaikan kepada Komisi ASN dan Kementerian Dalam Negeri, dan telah mendapat rekomendasi serta ijin untuk menetapkan dan melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat Sekdakot Tomohon.

“Perlu saya tekankan bahwa proses peningkatan kapasitas sumber daya aparatur di jajaran pemerintah kota tomohon yang mencakup berbagai aspek termasuk di dalamnya pembinaan karir PNS akan dipantau, dikaji dan dievaluasi secara berkesinambungan sehingga nantinya kualitas PNS yang akan ditempatkan dalam suatu jabatan baik jabatan pimpinan tinggi pratama, dan jabatan administrasi sesuai dengan kompetensi, keahlian, loyalitas dan dedikasi yang dimiliki oleh PNS,” ucapnya.

Wali Kota mengajak semua untuk berkompetisi secara sehat dan positif menghasilkan karya yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Perlu saya ingatkan, semakin tinggi suatu jabatan, semakin komptetitif dan berat juga persaingan sehingga sudah menjadi keharusan bagi saudara untuk meningkatkan kemampuan dan menunjukkan prestasi kerja yang lebih baik. tugas-tugas ke depan sangatlah berat apalagi saat ini pemerintah kota tomohon sedang berupaya semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan tata kelola keuangan yang sesuai dengan norma, prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku demi terwujudnya clean and good governance,” urainya.

Senduk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si., yang telah melaksanakan tugas sebagai penjabat Sekdakot selama kurang lebih 5 bulan. sejak tanggal 18 februari 2021 hingga pelantikan sekda definif yang baru hari ini.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tomohon menyampaikan terima kasih, atas dedikasi dan pemberian diri dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kemasyarakatan di kota tomohon. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ibu Dr. Juliana Dolvin Karwur, M.Kes., M.Si. yang telah menjalankan tugas sebagai penjabat Sekda dengan baik. Tuhan kiranya memberkati dalam tugas kerja bersama dengan keluarga,” tutupnya.

Hadir pada kegiatan ini Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Penjabat Sekot yang lama Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si., Forkopimda Kota Tomohon, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tomohon, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon Ibu Pricillia Roring-Rawung, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt. Senduk Roeroe, M.Th., Panitia Seleksi Dr. Kakaskasen Andreas Roeroe dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Example 120x600