Hari Pramuka ke- 60, Kwarda Sulut Ziarah ke TMP dan Para Pendahulu serta Upacara Ulang Janji di Puncak Emung Kawangkoan

  • Whatsapp

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke -60 Tahun, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara di bawah pimpinan Kak Vanda Sarundajang (VaSung) melaksanakan rangkaian kegiatan.

Setelah sebelumnya membagikan ribuan masker gratis untuk masyarakat, Kwarda Sulut juga melaksanakan kerja bakti membersihkan kurang lebih 18 (Delapan Belas) makam pimpinan Mabida/Kwarda yang tersebar di Manado, Minahasa Utara dan Minahasa.

Bacaan Lainnya

Kegiatan berlanjut dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado dan makam Pimpinan Mabida/Kwarda.

“Rangkaian kegiatan ziarah ini merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kami dan andalan daerah Kwarda Sulut untuk jasa-jasa kakak-kakak pendahulu kita. Karena jasa mereka kita dapat berdiri tegak saat ini,” ujar Kak Vanda.

Mengingat masa pandemi dan keterbatasan waktu, kata Kak Vanda, kegiatan ziarah belum mencakup semua para pendahulu.

Baca Juga:  Vanda Sebut di Tangan Olly, PDI Perjuangan Menjelma Jadi Sangat Perkasa

“Tetapi beberapa hari lalu, Kwarda melaksanakan kegiatan bersih – bersih sejumlah makam yang tersebar di Manado, Minahasa Utara dan Minahasa.” terangnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini mengatakan bertepatan dengan bulan bakti Pramuka ini, Kwarda terus mengingatkan dan mendorong agar setiap anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat.

“Setiap Anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat apapun bentuknya, besar kecilnya tergantung kemampuan tidak masalah,” tukasnya.

Bertepatan dengan moment Bulan Bakti ini, imbuhnya, Kwarda Sulut mendorong agar adik-adik dan kakak-Kakak untuk lebih peduli dengan keadaan masyarakat khususnya di tengah situasi pandemi yang belum berakhir.

“Kita semua harus saling membantu, bergotongroyong, dan saling mengingatkan,” ungkapnya.

Kegiatan ziarah yang diawali dengan penghormatan dan peletakan Karangan Bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi dilanjutkan dengan tabur bunga di makam kak Mayjen TNI C.J. Rantung (Mantan Ka Mabida), kak Mayor TNI S.D Wuisan (mantan KaKwarda), kak Letkol Pol. K.H.E Sompie (mantan Waka Kwarda).

Ziarah dan tabur bunga dilanjutkan di makam kak A.H.J Purukan,BA (mantan KaKwarda) di Desa Matungkas, lanjut ke Desa Pineleng untuk ziarah ke makam kak Prof.Dr. Refly F. Gerungan ( mantan Kapusdiklatda) dan dilanjutkan ke makam kak Dr. S.H Sarundajang (mantan Ka Mabicab dan Ka Mabida) di kawangkoan.

Baca Juga:  Gubernur: Gerakan Pramuka Salah Satu Pilar Pendidikan Kaum Muda di Sulut

Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan Upacara Ulang Janji yang dilaksanakan di lokasi Monumen Tuhan Jesus Melawat Dunia, di puncak Emung Kawangkoan.

Pos terkait