Penanganan Covid-19 belum Maksimal, Sebaiknya Pemda Lakukan Ini Mumpung masih Ada Kesempatan

  • Whatsapp

Manado – Meskipun telah bekerja keras namun pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara masih membutuhkan upaya lain untuk menekan transmisi penyebaran Covid-19.

Taufik Manuel Tumbelaka, Direktur Eksekutif Lembaga Studi Sosial dan Politik Tumbelaka Academic Centre (TAC), memberikan beberapa masukan kepada pemerintah, di antaranya memperkuat sosialisasi kepada masyarakat tentang masalah Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Sosialisasi Covid-19 masih belum maksimal. Perlu alokasi khusus dan itu bisa ditata di APBD Perubahan 2021,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Kamis (26/8/2021).

Sosialisasi penanganan Covid-19 menurut Tumbelaka, perlu melibatkan jurnalis  sebanyak-banyaknya.

Masih banyak kejadian warga tak rela anggota keluarganya yang meninggal dunia akibat Covid-19 dimakamkan menggunakan prosedur Covid-19 karena ketidak-pahaman (foto: Jenasah Covid-19 diambil paksa keluarga di salah-satu rumah sakit di Kota Manado beberapa waktu lalu)

 

“Artinya, sosialisasi tentang Covid-19 perlu disampaikan melalui pemberitaan secara massif di media,” tukas dia.

Mantan aktivis mahasiswa UGM ini, juga mengusulkan kepada kepala daerah melakukan penyegaran sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga:  Alasan Ini, KPU Sulut akan Bikin Buku

“Dikarenakan sejumlah OPD selama pandemi mengalami beban kerja yang sangat tinggi dan menyebabkan tekanan luar biasa yang secara psikologis akan mengalami kelelahan plus kejenuhan yang menyita energi dan pikiran,” kata Tumbelaka.

Tumbelaka menyontohkan beberapa SKPD perlu penyegaran seperti Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kominfo dan beberapa OPD lainnya.

“Diperlukan evaluasi dan penyegaran baik di eselon dua, eselon tiga dan seterusnya, guna mendapatkan kinerja yang lebih maksimal,” pungkas Taufik Tumbelaka.

(JerryPalohoon)

Pos terkait