Terpasang di Sejumlah Titik, Senduk: Ini Kelebihan PJU Smart

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Daerah (Disperkimda) Kota Tomohon melahirkan program inovatif sebagai wujud dukungan terhadap visi misi Wali Kota Caroll Senduk, SH – Wkil Wali Kota Wenny Lumentut, SE (CSWL), yakni Tomohon menuju Smart City.

Adapun program yang ditelorkan instansi yang dipimpin Hengkie Supit, SIP itu adalah Intelligent PJU Control System (I-PJU-CS Tomohon).

Sebuah Sistem Kontrol PJU Cerdas Tomohon yang didukung dengan Aplikasi berbasis web untuk memonitor PJU secara efisien dan ekonomis dengan hanya satu sistem atau dengan istilah single dashboard.

Wali Kota Tomohon menyambut baik dan mengapresiasi inovasi ini.

“Di tengah Pandemi Covid19 dengan keterbatasan dan kondisi yang belum begitu normal kita harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat termasuk pelayanan fasilitas – fasilitas publik secara Smart,” ujar Senduk, Kamis (9/9).

Inovasi ini, kata Wali Kota, dapat membantu pemerintah dalam memenuhi tuntutan masyarakat terhadap layanan publik, khususnya terkait dengan Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Sistem ini bisa mengurai alasan karena apa lampu PJU di suatu tempat padam, kapan dia padam sehingga harus segera ada tindakan dan Sistem ini memberikan nilai efisiensi, baik waktu maupun biaya termasuk biaya daya yang digunakan setiap bulan,” tukasnya.

Baca Juga:  20 Finalis Retel GMIM Rayon I Minut Diterima Bupati VAP

Dengan Sistem Kontrol dan Monitor cukup melalui Android, imbuhnya, dapat memudahkan petugas PJU memonitor dan melaksanakan tindakan penanganan jika terjadi gangguan.

“Sistem ini juga mampu memetakan PJU berdasarkan titik lokasi, mengakses penggunaan daya, mengontrol jarak jauh off dan on PJU dan masih banyak lagi kelebihannya,” imbuhnya.

Sistem PJU Smart ini sudah terpasang di 200 titik PJU di Kota Tomohon dan ke depan akan terus dikembangkan agar dapat mengakomodir semua PJU yang ada di Kota Tomohon khususnya PJU yang sudah mengunakan Lampu LED.

“Aplikasi yang digunakan bekerjasama dgn sebuah perusahan swasta dan PLN, Aplikasi ini gratis sebagai bentuk tanggung jawab bersama pada pelayanan publik masyarkat.,” tandasnya

Pos terkait