Gubernur Olly Lantik Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melantik Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 14 kabupaten kota se-Sulut di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (24/9).

Masing-masing kepala daerah menjadi ketua TPAKD kabupaten kota.

Bacaan Lainnya

Olly Dondokambey dalam sambutannya berharap TPAKD dapat bekerja dengan baik. Bahkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Saya berharap semuanya dapat bekerja untuk kesejahteraan rakyat,” tutur Gubernur Olly di kegiatan yang dipelopori Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara (Sulutgomalut) tersebut.

Sementara, Kepala OJK Sulutgomalut Darwisman mengatakan pengukuhan TPAKD ini adalah momen yang sudah ditunggu-tunggu. Pasalnya TPAKD merupakan forum komunikasi business matching unggulan-unggulan komoditi potensi daerah terhadap program perbankan.

“Ini kan untuk memudahkan akses keuangan masyarakat dalam proses pembiayaan dengan perbankan,” ujar Darwisman.

Baca Juga:  Penghargaan Demi Penghargaan Terus Diraih OD-SK

Darwisman menuturkan dengan adanya TPAKD akan meniminalisir masyarakat meminjam di rentenir. Apalagi selama ini bunga rentenir terbilang tinggi.

“Semoga petani, nelayan, pedagang dan lain sebagainya dari yang meminjam di tengkulak/rentenir dapat meminjam di perbankan. Kalau perbankan bunganya lebih rendah dan lebih murah,” jelas Darwisman seusai kegiatan.

Dia bilang dengan percepatan akses keuangan, potensi daerah akan didorong secara masif. Bahkan tidak menutup kemungkinan mendorong potensi-potensi baru dalam daerah masing-masing.

“Jadi sifatnya dari hulu ke hilir. Makanya pihak supplyer pun bisa dibiayai, termasuk petani,” imbuhnya.

Menurutnya bila ekosistemnya sudah berjalan bagus, maka masyarakat akan mendapatkan manfaatnya secara langsung. “Contohnya masyarakat dapat harga tomat atau rica (cabai rawit merah) dengan lebih murah,” jelasnya lagi.

Jika harga sudah murah, tukas dia, maka inflasi di Sulut akan sangat terkendali.

Diketahui, Kota Bitung dan Provinsi Sulut sudah lebih dulu membentuk TPAKD. Sehingga total TPAKD di Sulut mencapai 16.

Kegiatan pengukuhan TPAKD dihadiri juga secara virtual oleh Tirta Segara, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen. Sementara saat onsite dihadiri Bupati dan Wali Kota, Pimpinan Perbankan, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  Ini Penilaian Pakar Hukum Tata Negara Soal Pilkada Serentak 2017

(Youngky)

Pos terkait