Tim Kabupaten Pohuwato Dipimpin Wabup Suharsi Igirisa Belajar Pengelolaan Limbah di RSUP Kandou

  • Whatsapp

Manado – Tim studi banding dipimpin langsung Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato, Suharsi Igirisa, SIP, MSi, Selasa (19/10/2021), melakukan kunjungan kerja ke RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado.

Kaji Banding dan Kaji Tiru terkait Pengelolaan Limbah Rumah Sakit, Limbah Medis, Limbah B3 dan Limbah Covid-19 yang nanti akan diterapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dan RSUD Bumi Panua .

Bacaan Lainnya

Dirut RSUP Kandou, Jimmy Panelewen, mengatakan sebagai rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan, RSUP Kandou harus memberikan pendampingan dan penguatan terhadap rumah sakit lainnya di Sulawesi Utara dan sekitarnya seperti Provinsi Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur.

“Hal ini sudah dilaksanakan oleh manajemen RSUP Kandou, telah melakukan pendampingan ke beberapa rumah sakit daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Kunjungan tim dari Kabupaten Pohuwato untuk melakukan kaji banding dan kaji tiru disambut baik oleh pihak RSUP Kandou,” ucap Panelewen.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Jajaran RSUP Kandou Lakukan Penanaman Pohon

Dikatakan lagi, bahwa pengelolaan limbah sangat krusial, termasuk pengurusan izin operasional, dampak hukumnya sehingga harus diseriusi dalam pengelolaan limbah rumah sakit.

“Ini telah diupayakan oleh pihak RSUP Kandou. Semoga bisa diupayakan pihak Kabupaten Pohuwato hingga ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Pohuwato sehingga penanganan limbah bisa diatasi dengan baik,” tandas Panelewen.

Sementara itu, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, SIP, MSi, menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan pihak RSUP Kandou kepada tim dari Kabupaten Pohuwato.

Tim yang akan melakukan kaji banding terkait pengelolaan limbah medis di rumah sakit, termasuk memperoleh informasi bagaimana proses pengurusan izin Amdal.

“Diharapkan melalui studi banding ini tim dari Pohuwato dapat mengambil contoh yang baik khususnya dalam upaya penanganan limbah medis rumah sakit serta kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah sakit,” pungkas Suharsi Igirisa.

Tim studi banding melaksanakan kegiatannya selama satu hari diikuti Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato,  Selvi Monoarfa, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pohuwato, Anwar Sadat, serta Direktur RSUD Bumi Panua, dr. Yenny Ahmad.

Baca Juga:  RSUP Kandou Sukses Laksanakan Vaksinasi Lansia Tahap Kedua, Toar Palingan Bahkan Bilang Begini

Tim pengelola sebelum melakukan peninjauan ke lokasi, dilakukan terlebih dahulu pertemuan dengan manajemen RSUP Kandou yang dipimpin Direktur Utama RSUP, Prof. Dr. R.D Kandou Manado, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD, didampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum, Dr. dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, dan Tim Kesling, serta K3RS Kandou Manado.

(Benyamin)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *