Reputasi Akademisi Sulut semakin Diakui, Ini yang Terbaru

  • Whatsapp

Manado – Reputasi dan kapasitas akademisi di Sulawesi Utara ternyata semakin diakui di tingkat nasional.

Dr. Ferry Daud Liando, SIP, MSI, yang dikenal publik sebagai ahli dan pemikir fokus di bidang Demokrasi dan Kepemiluan ditunjuk panitia seleksi penyelenggara Pemilu periode 2022-2027 menjadi Pembaca dan Penilai Makalah para calon penyelenggara.

Bacaan Lainnya

Tugasnya sangat strategis karena bisa menenentukan nilai makalah bagi calon penyelenggara untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Pria yang pernah mengikuti Pendidikan Kajian Political Thougth pada Scholarsip Program Study of the U.S. Institutes (SUSI) di University of Massachusetts USA tahun 2016, sudah dua kali mendapatkan penugasan ini.

Pada 2017, panitia seleksi yang dipimpin Prof. Saldi Isra dan Prof. Ramlan Surbakti juga menunjuk Liando dalam tugas yang sama.

Baca Juga:  Mengukur Peluang Menang Vonnie Panambunan dan Tetty Paruntu, Ferry Liando Contohkan Pilkada DKI Jakarta

Pada seleksi penyelenggara periode 2022-2027 ini, Liando juga masih mendapatakan kepercayaan itu.

Foto bersama Panitia Seleksi dan Penilai Makalah calon anggota KPU dan Bawaslu RI

Selain Ferry Liando, terdapat nama-nama tersohor lainnya seperti Hadar Gumay, mantan komisioner KPU RI periode 2017-2022, Titi Anggraini, Pembina Perludem, Prof. Dr. Firman Noor, Ketua Pusat Penelitian Politik BRIN/LIPI, Dr. Zainal Arifin Mochtar, Dosen Ahli Hukum Tata Negara UGM, serta Bivitri Susanti yang dikenal sebagai dosen dan aktivis hukum Indonesia, serta Prof. Dr. Nurlia Nurdin sebagai Pengurus Pusat AIPI.

Ferry Liando dilahirkan di Desa Malola, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, 25 Mei 1974.

Menempuh pendidikan Sarjana Ilmu Politik (SIP), saat ini sebagai Dosen Kepemiluan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Program Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi, menggeluti peminatan ilmu secara khusus di bidang Partai Politik dan Kepemiluan.

Selain meneliti, mengajar dan aktif sebagai narasumber kepemiluan, Liando juga aktif menulis buku, jurnal maupun kolom opini koran.

Dalam jabatan organisasi profesi, Ferry Liando menjabat sebagai Wakil Sekjen 1 Pengurus Pusat Asosiasi Ilmu Politik (AIPI).

Baca Juga:  Astaga!!! Bupati Minsel Dipanggil KPK

Tahun 2015 membentuk Konsorsium Pendidikan S2 Tata Kelola Pemilu bersama KPU dan Bawaslu RI.

Ferry Liando sejak 2017 ditunjuk sebagai editor jurnal ELECTORAL GOVERNANCE KPU RI.

Karya terakhir adalah menulis bersama buku Tata Kelola Pemilu yang diterbitkan oleh KPU RI tahun 2019.

(***/JerryPalohoon)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *