Rapat Paripurna DPRD Sulut, Fransiscus Silangen: Berkolaborasi dan Melahirkan Pemikiran Inovatif

Manado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian/Penyerahan Rekomendasi DPRD Atas Hasil Pembahasan atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulut Tahun 2021, Jumat (22/4/2022).

Bersamaan dengan itu dilaksanakan paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 serta Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2022 serta Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Billy Lombok, juga mengagendakan Penyampaian/Penjelasan Gubernur Sulut terhadap Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Sulut Tahun 2022-2025.

Hadir Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Asiano Gammy Kawatu, kepala-kepala SKPD dan pejabat eselon Pemprov Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Sulut yang telah mengkritisi dan memberikan masukan terhadap LKPJ Gubernur Tahun 2021.

Baca Juga:  Gubernur Olly Harap Dishub Tingkatkan Pelayanan

“Saya percaya bahwa rekomendasi yang sudah disampaikan melalui kajian matang dan komperhensif, di dalamnya memenuhi penelitian dan tanggung jawab untuk terus memajukan program-progran pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” ujar Olly Dondokambey.

Olly Dondokambey menambahkan, menjadi hal yang membanggakan DPRD tetap menjalankan peran dengan optimal meskipun berada pada kondisi sulit seperti pandemi Covid-19.

“DPRD tetap menunjukan kerja keras, berkolaborasi dan melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan komperehensif dalam menyikapi program pembangunan daerah,” tukas Dondokambey.

Gubernur mengajak segenap stakeholder pembangunan utamanya perangkat daerah untuk cepat merespons cepat rekomendasi DPRD.

“Dengan melakukan berbagai perbaikan sebagimana mestinya. Saya juga mengharapkan pengawasan DPRD semakin kuat, di samping itu senantiasa koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah sebagai wujud eksistensi DPRD sebagai fasilitator untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hingga saat ini kita masih digumuli dengan pandemi. Kita masih masih menjalankan upaya mengatasi Covid-19. Untuk itu, kita harus menjalin sinergitas dengan baik,” jelas Dondokambey.

Ketua Pansus LKPJ Vonny Paat dalam menyampaikan rekomendasi DPRD menyebut semua penyelenggaraan pemerintah telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  Menohok dari Jems Tuuk: Kementerian ESDM Hobi Mengeluarkan Izin bagi Orang Kaya

“Setelah melakukan pembahasan dengan seluruh perangkat daerah, yang melakukan peninjauan lapangan atas kinerja dari perangkat daerah, maka DPRD menunjukkan bahwa penyelenggaraan tugas umum pemerintahan melalui penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan telah dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” terang Vonny Paat.

Sementara Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Silangen, berharap pemerintah Sulut lebih khusus Gubernur Olly Dondokambey untuk terus melaksanakan visi dan misi, yang berorientasi pada pencapaian yang sebagaimana tertuang dalam RPJMD Sulut tahun 2021.

Selektif dan inovatif dalam membuat program kerja, sehingga anggaran yang telah ditetapkan dapat diserap secara optimal, dengan melakukan perencanaan yang matang,

“Tentu tetap menjalin komunikasi yang lebih efesien dengan DPRD sebagai mitra penyelenggara,” tutur Silangen.

Lanjutnya, tetap fokus dalam sektor penyelenggaraan kesehatan, pendidikan, pertanian dan investasi karena sektor ini sangat menyentuh langsung pada kesejahteraan masyarakat. Mengedepankan prinsip keadilan proposional dan pemerataan anggaran agar dapat dinikmati seluruh masyarakat Sulawesi Utara.

“Juga dalam rangka terciptanya perencanaan pembangunan investasi dalam pertumbuhan ekonomi, DPRD mengharapkan kiranya pemerintah segera melakukan revisi Perda RTRW, sehingga pembangunan daerah nyiur melambai lebih terarah,” tandas Fransiscus Silangen.

Baca Juga:  Dekranasda Bolsel Resmi Dilantik

(Advertorial/JerryPalohoon)

 

 

Pos terkait