Mengetahui Penyakit Skabies atau Kudis, Bahaya Merokok bagi Jantung dan Bahaya Cedera Kepala pada Orang Muda

Manado – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. Kandou, bekeja sama dengan KSM/Kulit Kelamin serta PERDOSKI Sulawesi Utara dalam rangka Dies Natalis FK Unsrat ke 63, kembali menggelar edukasi kesehatan bagi masyarakat luas.

Kali ini, edukasi dilaksanakan di SMA Kristen 2 Binsus Tonohon. Kegiatan dilaksanakan, Rabu, 25 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Dalam edukasi tersebut ada 3 materi menarik yang disampaikan dalam kegiatan.

Materi pertama mengenai Penyakit Skabies atau kudis yang dibawakan oleh Dr. Enricco Mamuaja, Sp.KK.

“Penyakit kudis, atau scabies, adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau tersebut bereproduksi pada permukaan kulit, lalu masuk ke dalam kulit untuk bertelur, sehingga menyebabkan rasa gatal,” ujar Dr. Enricco Mamuaja.

Materi kedua mengenai bahaya merokok bagi jantung yang dibawakan oleh Dr. Victor Joseph, Sp.JP(K), FIHA.

Baca Juga:  RSUP Kandou Gelar Diklat bagi Mahasiswa Prodi Terapan Kebidanan Poltekes Palu

“Penelitian menunjukkan orang yang punya kebiasaan merokok lebih mungkin mengalami gangguan kardiovaskular akut pada usia muda ketimbang mereka yang bukan perokok. Bahkan paparan asap rokok saja meningkatkan risiko sakit jantung. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 1,9 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit jantung yang dipicu tembakau,” jelas Dr. Victor Joseph.

Sedangkan materi terakhir mengenai bahaya cedera kepala pada orang muda yang dibawakan oleh Dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH.

“Cedera kepala adalah segala jenis cedera yang terjadi di kepala, mulai dari kulit kepala, tengkorak, hingga otak. Cedera kepala perlu diperiksakan ke dokter karena mungkin dapat berakibat fatal dan memerlukan penanganan segera,” terang Dr. Sekplin Sekeon.

Kegiatan yang dipandu Christian Modeong, SI.Kom, turut memperkenalkan kepada para siswa/i tentang berbagai layanan unggulan di RSUP Kandou termasuk layanan konsultasi kesehatan lewat aplikasi TelmeK atau Telemedicine Kandou.

Sembari mengingatkan untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Para siswa begitu antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para narasumber, sampai selesai materi pukul. 16.30 Wita.

Baca Juga:  Dr Panelewen Buka Workshop Preceptorship

Kesempatan tanya jawab pun tidak dilewatkan oleh para siswa, beberapa siswa dari sekitar seratusan siswa peserta edukasi kesehatan langsung mengacungkan jempol untuk bertanya seputar materi yang disampaikan oleh narasumber.

Para siswa sangat puas termasuk guru yang mendampingi mereka karena boleh dikunjungi langsung oleh tim dokter spesialis dari rumah sakit ternama di Sulawesi Utara RSUP Kandou Manado.

Sehingga ilmu pengetahuan serta wawasan mereka akan pentingnya menjaga kesehatan terutama yang berkaitan dengan kulit dan kelamin, bahaya merokok serta cedera kepala dapat terus bertambah dan bermanfaat bagi mereka dan keluarga.

Tak lupa di setiap penutup materi, instalasi promkes selalu memberikan apresiasi kepada para siswa/i yang sudah berpartisipasi bertanya dalam kegiatan edukasi yakni berupa masker dan handzanitaiser serta sabun mandi kesehatan.

Turut hadir tim promked, Agnes Siwi, SP dan Mentari Lavenia Johannes, SKM, serta tim dokter.

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait