Kodam Merdeka Gelar Pameran Alutsista Wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Tondano, Manadonews.co.id – Sebagai wahana edukasi tentang persenjataan militer yang digunakan Angkatan Darat (AD) agar bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, sekaligus sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Kabupaten Minahasa, Kodam telah menggelar pameran Alutsista yang dimaksudkan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-64 Kodam XIII/Merdeka.

Pameran Alutsista (alat utama sistem pertahanan) dibuka oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S,Sos, M.Si, yang bertempat di Monumen Benteng Moraya Tondano Kabupaten Minahasa, Jumat (24/6/2022)

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan tertulis Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh yang di bacakan Kasdam XIII/Merdeka, Pangdam berharap Pameran Alutsista ini dapat meningkatkan kebanggaan diri seorang prajurit serta sebagai ajang silaturahmi antara Prajurit TNI AD yang tersebar di seluruh satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka dengan masyarakat khususnya Kabupaten Minahasa.

Baca Juga:  Asal jangan 'Asbun', Steven Kandouw Minta Tiga Anggota DPRD Sulut yang Baru Dilantik Berani Bicara

Pangdam dalam amanatnya juga mengatakan bahwa sinergitas antara Kodam XIII/Merdeka dengan pemerintah daerah agar senantiasa dibangun secara terus menerus untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Bupati Minahasa DR Ir Royke Oktavian Roring, MSi dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam dan seluruh jajaran Kodam yang mempercayakan Kabupaten Minahasa khususnya Kota Tondano di jadikan lokasi pameran alutsista.

Bupati Minahasa juga berharap semoga kegiatan pameran ini menjadi motivasi bagi generasi muda, para pelajar Kabupaten Minahasa ke depan nanti untuk mempersiapkan diri menjadi kader penerus penerus dalam rangka mempertahankan NKRI lewat pendidikan Akmil ataupun Akademi Angkatan lain.

Usai acara pembukaan Kasdam XIII/Merdeka dan Bupati Minahasa beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke stand Pameran Alutsista.

Pameran Alutsista dilaksanakan mulai tgl 24 Juni s.d 26 Juni 2022, yang menampilkan berbagai alat utama sistem persenjataan TNI Angkatan Darat antara lain: kendaraan taktis beserta perlengkapan anti teror, kendaraan tempur Panser Anoa dan Tarantula, kendaraan khusus EOD atau penjinak bahan peledak (Jihandak), meriam artileri medan M101/Howitzer yang sangat efektif untuk menghancurkan daerah perkubuan lawan, dan perahu serbu LCR.

Baca Juga:  Diantar Senior Partai, Moureen Pongantung Resmi Mendaftar

Selain itu, stan pameran juga menyediakan berbagai informasi tentang perlengkapan tempur perorangan, mulai dari senjata ringan jenis pistol dan senapan serbu serta mortir, ransum tempur, alat komunikasi tempur, perlengkapan medis lapangan, pakaian penembak runduk (sniper), robot jihandak, hingga mekanisme penerimaan Prajurit TNI AD.

Acara tersebut dihadiri oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI, E. J. Lumintang S.I.P., Kasi Ops Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Aris Windarto para Asisten para Kabalakdam XIII/Merdeka dan para unsur Forkopimda Kabupaten Minahasa.

(***/Regina)

 

 

Pos terkait