Umat Kristen Protestan Lanudsri Samratulangi Retreat Rohani di Tomohon

Tomohon, Manadonews.co.id – Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP, membuka kegiatan retreat rohani bagi prajurit dan PNS TNI umat Kristen Protestan di Lokon Resort Tomohon, Kamis (25/08/2022).

Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP., menyatakan bahwa retret ini sangat penting dalam meningkatkan semangat membina dan melayani prajurit dan PNS TNI umat Kristen Protestan.

Bacaan Lainnya

“Kami melihat retret ini menjadi urgensi di saat ini. Sebab perkembangan lingkungan dewasa ini, banyak pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Pati dengan bintang satu di pundaknya.

Lebih lanjut dikatakannya, paham-paham seperti Materialistis, Hedonisme, Konsumerisme dan lain-lain dapat berpengaruh pada kehidupan Prajurit dan PNS TNI serta keluarganya. Sehingga, retret ini menjadi penting dan urgen serta strategis guna mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa, memperdalam kehidupan beriman serta mengolah kehidupan kerohanian.

Baca Juga:  Diduga Sumber Bencana di Taas dan Tingkulu, Gorong-Gorong Ring Road Disorot

“Diharapkan para Prajurit dan PNS TNI akan memperoleh penguatan, pembaharuan, dan penyegaran dalam mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga mendapatkan kekuatan baru untuk mengaplikasikan dalam kehidupan pengabdian kepada keluarga, bangsa dan negara,” pesan Kapusbintal TNI.

Ditambahkannya, kota Tomohon dipilih sebagai tempat retreat karena lingkungan keagamaan Nasrani yang sangat nyata dan strategis. Di Manado khususnya Tomohon, pusat kegiatan gereja lebih aktif. Orientasi kegiatan keagamaan begitu kuat di Tomohon, view yang cukup bagus dan terasa ada penyegaran bukan hanya fisik tapi juga rohani.

“Penugasan di TNI berbeda dengan institusi lainnya karena berhadapan dengan resiko terlalu tinggi. Saya berharap, retret ini menjadi bagian dari upaya kita untuk mengimplikasikan nilai-nilai TNI dalam menghadapi tantangan ke depan. Sesuai dengan tema retreat yaitu “Teladan Yesus Kristus Rendah Hati Mendukung Tugas TNI.  Sesungguhnya, diingatkan betapa nilai solidaritas, loyal kepada pimpinan, ksatria serta bertanggung jawab adalah nilai-nilai yang diperlukan dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP.

Baca Juga:  Lomban Hadiri Talk Show Dan Konser Akustik Bersama Kaka Slank

Retreat ini dilaksanakan hasil kerjasama tim dari Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI,  Kolonel Sus Jimmy S Sundalangi, Letkol CAJ Sinar P bersama Yayasan Garda Bangsa Sejahtera (Interdenominasi) Bapak Rendy (Bendahara) dan Pak Agus (Pengawas).

Kegiatan Retret Prajurit dan PNS TNI Umat Kristen Protestan di wilayah Kodam XIII/Merdeka ini berlangsung selama dua hari terhitung mulai tanggal 25 sampai dengan 26 Agustus 2022, yang diikuti oleh puluhan Prajurit dan PNS TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Malam harinya dilanjutkan dengan acara sharing dan jamuan kasih bersama Pelayan Khusus dan anggota jemaat GMIM Kakaskasen Bait El Tomohon.
(Rls Kapenau/Regina.TS).

 

 

Pos terkait