RSUP Kandou Terima Hibah Alkes dari Inggris

Manado – Direktur Utama RSUP Prof Dr R D Kandou Manado, Dr dr Jimmy Panelewen, SpB-KBD, menerima hibah Alat Kesehatan (Alkes) dan menyepakati kerja sama pengendalian Anti Pengendalian Microbactel Resistance (AMR), di ruang Webinar RSUP Kandou, Rabu (31/8/2022).

Adapun kesepakatan kerja sama dengan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Inggris, melalui Fleming Fund Country Grand Indonesia (FFCGI) difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan RI.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Dirut Jimmy Panelewen, didampingi Direktur Perencanaan Keuangan dan BMN, Frets Melope, SE MSi, serta pejabat terkait menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Inggris.

“Terima kasih kepada pemerintah Inggris dan apresiasi bagi Kementerian Kesehatan RI yang sudah memfasilitasi acara ini. Kerja sama ini akan sangat mendukung peningkatan layanan kesehatan di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Menurutnya, langkah ini juga menjadi pilihan yang harus dilakukan dari berbagai aspek yang ada untuk menekan angka kejadian AMR.

Baca Juga:  ML Denny Tewu : Pelaku Pemerkosaan dan Pembunuhan Calon Pendeta Muda asal Nias Harus Segera Diproses Hukum seadilnya

“Ini sangat penting bahwa ternyata resistance antimikroba kontribusinya dari dokter, farmasi, dan Rumah Sakit. Sebagai Pimpinan RSUP Kandou Manado tentu merasa bertanggung jawab bagaimana menekan angka resistance,” tandasnya.

Dijelaskannya, mendapatkan antimicroba sangat sulit, selalu tertinggal dengan resistansinya sehingga kehadiran pemerintah Inggris melalui David Richard Thomas akan sangat membantu dan mendukung Indonesia, lebih khusus RSUP Kandou Manado.

“Pemerintah Inggris membantu dan mendukung dengan menyediakan alat-alat kesehatan untuk menunjang keputusan dokter terhadap pemberian antibiotik,” tutur Dirut Panelewen.

Sementara David Richard Thomas mewakili pemerintah Inggris mempresentasikan terkait kerja sama Hibah Alkes.

“Kami difokuskan pada area kerja sama layanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, teknologi, dan alat kesehatan. Terkait pengendalian resistensi akan dilakukan kolaborasi untuk mengembangkan pelaksanaan layanan kesehatan masyarakat secara digital,” kata Thomas.

Adapun kerja sama ini, Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Inggris, melalui Fleming Fund Country Grand Indonesia (FFCGI) menghibahkan Alkes sebanyak 17 item kepada RSUP Kandou Manado.

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait