Kongres Kebudayaan Minahasa di Jakarta Didukung Olly Dondokambey

Jakarta, Manadonews.co.id – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang baru saja kembali dari Jerman usai mengikuti Sidang Raya Dewan Gereja-gereja Sedunia, menerima audiensi fungsionaris Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa (YPKM) yang diketuai Drs Berny Tamara, Kamis (8/9/2022).

Pada pertemuan yang berlangsung di Kantor Cabang Bank Sulutgo Jakarta tersebut, Berny Tamara memperkenalkan semua rombongan antara lain Tedy A. Matheos sebagai Sekretaris, Bendahara Jufry Lumintang, Dewan Pakar Roy G.A Massie, Wakil Ketua Vera MHL Sanger dan Max Wilar selaku Dewan Pembina.

Bacaan Lainnya

Menurut Berny Tamara, pada pertemuan ini dilaporkan perihal kegiatan YPKM yang telah dimulai sejak 2009 dan akan dilanjutkan kembali tahun ini.

Lanjut Berny, adapun agenda penting YPKM ialah Kongres Kebudayaan Minahasa (KKM) dengan pendahuluan Pra Kongres September 2022 Jakarta.

Baca Juga:  Sore Tadi, Talumepa Beber Alasan Menteri Berikan Penghargaan Kepada Gubernur

“Kemudian diikuti berbagai kegiatan seperti Pekan Kebudayaan Minahasa, Festival Kuliner Minahasa dan berbagai program kebudayaan Minahasa, diakhiri KKM 2023 di Tanah Minahasa,” jelas Berny.

PBahkan Olly menawarkan beberapa kegiatan dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi Sulut.

“Pak gubernur menyarankan memakai anjungan Sulut di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sementara direnovasi dan akan selesai Oktober 2022. Demikian pula untuk pelaksanaan kegiatan di Manado rencananya bakal difasilitasi Pemprov Sulut,” beber Berny.

Dikatakan Berny, Olly juga berpesan agar memperbanyak kegiatan budaya Minahasa di DKI Jakarta agar semakin banyak masyarakat Indonesia mengenal kekayaan seni yang dimiliki bumi nyiur melambai.

Suasana diskusi, lanjut Berny, semakin menarik mengingat YPKM adalah wadah berdomisili yang di Jakarta.

“Bung Prasetyo bahwa menawarkan kerjasama dengan Pemprov DKI dalam acara-acara budaya, namun disarankan agar YPKM mendaftarkan legalitas organisasi ke Kesbangpol DKI sehingga dapat diikutsertakan dalam setiap acara kebudayaan,” jelas Berny.

Berny juga menyampaikan rencana mengunjungi semua pimpinan daerah di Tanah Minahasa, lembaga budaya, adat serta tokoh-tokoh dan budayawan yang selalu memberikan masukan dalam pemajuan Budaya Minahasa.

Baca Juga:  Gubernur Olly: Pemprov Sulut Tidak Asing Lagi Menyelenggarakan Event Internasional

Di akhir audiensi, Olly mengajak berfoto bersama sambil menikmati sajian makanan serta kuliner Minahasa dari Bank SulutGo.

(***/JerryPalohoon)

 

 

Pos terkait