Bupati Franky Wongkar Luncurkan Inovasi Perizinan Keliling

AMURANG, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW)  meluncurkan inovasi perizinan keliling Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (PMPTS), bertempat di Balai Desa Paslaten, Kecamatan Tatapaan, Selasa (13/09) siang.

Pelaksanaan program inovasi yang berbasis tata laksana pemerintahan yang prima itu akan digelar di 17 Kecamatan secara bergiliran.

Membawakan sambutan Bupati Franky Wongkar menyambut baik inovasi layanan perizinan yang diprakarsai DPMPTS Kabupaten Minsel itu.

“Kehadiran layanan perizinan keliling kian mempermudah proses pengurusan izin bagi masyarakat termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ujar Bupati FDW.

Selain untuk memudahkan proses penerbitan izin, program ini juga menurut Bupati sebagai bagian dari upaya Pemkab Minsel dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Usai peluncuran program perizinan keliling, Bupati FDW menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi sejumlah pelaku usaha mikro kecil perseorangan.

“Kepemilikan NIB penting bagi setiap pelaku UMKM sebagai legalitas atau perlindungan hukum untuk suatu produk yang dimiliki pelaku UMKM itu sendiri,” tutur FDW.

Baca Juga:  Eman Ajukan Ranperda APBD Perubahan Tahun 2021

Imbuhnya, dengan mengantongi NIB lebih mempermudah UMKM dalam memdapatkan pembinaan dari instansi terkait mengingat usahanya tersebut sudah terdata.

Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Minsel Ronald H. Paath, S.Pt, M.Si mengatakan perluncuran layanan izin keliling berbasis OSS itu mendapat sambutan hangat masyarakat.

“Antusias masyarakat begitu tinggi. Kami awalnya hanya menargetkan 110 pelaku usaha, tapi ternyata membludak sampai 200 yang kami proses dokumen pengajuan izinnya,” terangnya.

Pos terkait