Kodim Bolmong Canangkan Desa Mopuya Bersatu Kampung Pancasila

Bolmong – Perbedaan itu indah karena dengan adanya perbedaan inilah yang membuat kita menjadi kuat sesuai dengan peran dan fungsi masing masing dalam menciptakan masyarakat yang rukun, santun, damai dan harmonis dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos dalam sambutannya saat peresmian dan pencanangan Desa Mopuya bersatu Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai Kampung Pancasila Kodim 1303/Bolmong, Selasa (20/9/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Dandim, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini dalam rangka mengangkat kembali nilai nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

” Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini sangatlah penting untuk memutus rantai penyebaran paham radikalisme, ekstrimisme dan terorisme yang akan berkembang di wilayah Dumoga bersatu ini “, ungkap Dandim 1303/Bolmong.

Baca Juga:  Sterdam XIII/Merdeka Sosialisasikan Jukter 2022 kepada Prajurit TNI

Sementara itu, Mantan Danyonif Raider 712/Wiratama kepada Manadonews.co.id menyampaikan bahwa
Program Kampung Pancasila ini di prakarsai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang diharapkan kedepannya dapat menjadi contoh dalam menegakkan kembali nilai nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa sekaligus juga sebagai upaya dalam menangkal paham radikalisme.

” Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan yang pertama kalinya di wilayah teritorial Kodim 1303/Bolmong dan
saya perintahkan kepada para Danramil untuk segera menyusul pembentukan Kampung Pancasila di tiap tiap desa dan diharapkan ini akan menjadi pelopor untuk menanggulangi paham radikalisme, ekstrimisme, terorisme dan tidak hanya untuk Desa Mopuya bersatu tapi untuk semua Desa yang ada di wilayah Kodim 1303/Bolmong “, ujar suami tercinta dari Ny Ruth Topan Angker.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limmy Mokodompit MM mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Dandim 1303/Bolmong dan jajarannya yang telah menginisiasi, menggagas dan melaksanakan serta menetapkan Desa Mopuya Utara untuk diresmikan sebagai pencanangan Kampung Pancasila.

Baca Juga:  Danrem Nani Wartabone dan Kapolda Gorontalo Irup Pembukaan Latsardik

” Kami Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow tentunya menyambut baik dan mendukung adanya Kampung Pancasila ini, dengan harapan dapat menanamkan nilai nilai Bhinneka Tunggal Ika dan memberikan pemahaman kepada warga dalam menerapkan sila sila Pancasila “, kata Pjs Bupati Bolaang Mongondow.

Peresmian dan pencanangan Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Pjs.Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limmy Mokodompit MM didampingi oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos bersama Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan S.I.K SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Junita Beatrix Ma’i SH,MH, perwakilan Kejaksaan Dumoga Martin Siahaan SH, Asisten I Sekda Kabupaten Bolmong Deker Rompas SE. MM, Danramil 1302-07/Dumoga Kapten Czi Sardi O Mamonto SH, Kapolsek Dumoga Utara AKP. Sahir Budi Mantoyo SE, Camat Dumoga Utara Hamandu Mamonto S.Pd  M.ap dan para Sangadi se Kecamatan Dumoga Utara. Serta dilaksanakan penyerahan Piagam Pancasila kepada 6 orang Sangadi Mopuya Bersatu.
(Regina.TS)

 

 

Pos terkait