Ibu Jeand’arc Harap Tomohon Jadi Pemasok Madu Trigona Biroy di Sulut

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Ketua Tim Pengerak PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk Karundeng secara resmi mengukuhkan kelompok Tani Hutan Lokon Mahawu, bertempat di perkebunan limbaan Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamaran Tomohon Utara, Kamis (6/10/2022)

Ibu Jeand’arc menyampaikan banyak selamat kepada kelompok tani hutan Lokon Mahawu yang suda terbentuk dan kiranya kelompok ini bisa membudidayakan madu Lebah trigona biroy ini.

“Kami berharap kiranya pembudidayaan Lebah madu Trigona Biroy ini dapat berkembang agar Kota Tomohon menjadi salah satu pemasok madu di Sulawesi Utara,” ucapnya.

Kepada pemerintah Kelurahan Kakaskasen Dua yang suda menfasilitasi kelompok ini Ia mengucapkan terima kasih.

Lurah Kakaskasen Dua Meidi Jefry Simboh SH menyampaikan kelompok Tani Hutan ini akan membudidayakan lebah jenis Trigona Biroi lantaran, selain madu lebih bagus, pembudidayaannya bisa dilaksanakan di perkotaan karena lebah ini bukan tergolong lebah yang menyengat.

Selain pembudidayaan Lebah nantinya kelompok ini akan mengembangkan budidaya Jamur dan ikan air tawar.

“Hasil kerja sama dengan BKSDA propinsi Sulut kami akan membudidayakan Lebah tersebut, karena dari hasil survey yang kami lakukan di dua gunung yang ada di Tomohon yakni Gunung Lokon dan Mahawu sangat banyak makanan dari lebah tersebut,” ujarnya,

Baca Juga:  KIP Sulut Tinjau Data Center Kotamobagu

Mewakili kepala BKSDA Sulut novita Tandi S.Hut mengatakan Ini adalah salah satu kelurahan percontohan untuk pembudidayaan lebah dan menjadikan kakaskasen dua menjadi kelompok binaan.

Dan ini adalah kelompok proaktif dalam mengembangkan budidaya.

“Kelompok ini merupakan kelompok binaan dari BKSDA Sulut, dan kelurahan kakaskasen dua ini meruapkan kelurahan penyangga cagar alam gunung lokon dan ini kelompok yang merupakan kelompok prioritas,” katanya.

Lanjutnya, Lebah Trigona memiliki banyak keunggulan, antara lain yaitu memiliki asam organik, zat fitokimia dan asam glukonat yang lebih banyak dibandingkan madu lebah apis pada umumnya sehingga dipercaya lebih berkhasiat.

Keunggulan lainnya, imbuhnya, lebah jenis ini menghasilkan propolis dan pollen dengan jumlah yang jauh lebih besar, Propolis atau lem lebah sendiri adalah zat resin yang dikumpulkan lebah dari sumber tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sehingga memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

“Bahkan sarang, pot madu dan pot pollennya adalah raw propolis yang memiliki harga cukup menjanjikan di pasanrya. Sedangkan hasil panen dari lebah ini sangat menjanjikan bagi para kelompok Tani Hutan yang membudidayakan nya, dimana hasil panen lebih cepat dan harga jual di pasaran lebih mahal dari madu lainnya,” kuncinya.

Baca Juga:  Ranperda Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Masuk Pembahasan Pasal per Pasal

Pos terkait