Ivonne Rotty Sebut Tanggung Jawab Moral Menjaga Kerahasiaan Isi Rekam Medis

Manado – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr. R.D Kandou, menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah profesi dan staf bagi pegawai.

Hal ini dilakukan bukan semata karena tuntutan dari standar akreditasi rumah sakit. Rekam medis merupakan satu kerahasiaan yang isinya identitas pasien yang akan mengakses rekam medik harus disumpah.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Plh. Direktur Utama RSUP Kandou, Prof Dr R.D Kandou, Dr, dr. Ivonne Rotty, M.Kes, saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah profesi bagi 114 staf non tenaga kesehatan (Nakes), Kamis (20/10/2022), di aula lantai 2 kantor administrasi RSUP Kandou.

“Yang bisa mengakses rekam medik pasien adalah petugas yang telah disumpah, artinya punya tanggung jawab secara moral untuk menjaga kerahasiaan dari isi rekam medis,” kata Ivonne Rotty.

Baca Juga:  Sempat Dikabarkan 'Mampet', Layanan Disdukcapil Bolmong Kini Normal

Ditambahkan, semua yang dilantik dan diambil sumpah agar dapat memaknai sumpah yang baru diterima.

“Sumpah jangan cuma sampai dikatakan, tetapi harus diimplementasikan menjadi tugas dan tanggung jawab,” tukasnya.

Menurut Ketua Tim Akreditasi RSUP Kandou ini, isi dari rekam medik adalah rahasia dari pasien yang harus dijaga.

“Rekam medis hanya bisa dikeluarkan datanya apabila menyangkut dengan masalah hukum, tetapi itu juga harus dengan prosedur,” pungkasnya.

Adapun prosesi pengambilan sumpah profesi dan staf rekam medik dipimpin langsung Ketua DPD Pormiki Sulut, Franklin Ludwig, A.Md, S.Tr.Kes.

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait