Kasdam Luthfie Beta Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI AD Reguler dan Khusus Keagamaan Tingkat Sub Panda Kodam XIII/Merdeka Gelombang II TA 2022

Manado – Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta secara langsung memimpin sidang parade tingkat Sub Panitia Daerah Khusus (Pandasus) penerimaan Calon Tamtama (Cata) PK Reguler dan khusus Keagamaan Gelombang II Kodam XIII/Merdeka, dan diikuti sebanyak 944 pemuda yang berasal dari wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Provinsi Gorontalo, Senin (24/10/2022) di Grahadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Diketahui bahwa seleksi penerimaan calon Prajurit Cata TNI AD tahun ini adalah adanya alokasi di samping sumber reguler juga sumber khusus jalur Santri atau keagamaan untuk memberikan kesempatan kepada para pemuda pemuda yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah khusus agama lainnya.

Bacaan Lainnya

Sidang Parade ini merupakan seleksi awal panitia untuk memilih para calon yang memenuhi syarat sebelum melanjutkan ke seleksi tingkat Panda. Sebelumnya para pemuda tersebut telah melewati berbagai seleksi diantaranya administrasi, kesehatan, dan kesamaptaan jasmani.

Baca Juga:  Babinsa Tondano bersama Masyarakat Karya Bhakti Pengerasan Jalan

Kegiatan ini dihadiri oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Adek Chandra Kurniawan, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr.Ponco Darmono, Kaajendam XIII/Merdeka Kolonel Caj Fibriyanto, Kabintaldam XIII/Merdeka Kolonel Inf Yani Rumimpuni, Kajasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Vipy Amuranto Pranoto.

Perwira Tinggi TNI AD yang sejak 25 Maret 2022 mengemban amanat sebagai Kasdam XIII/Merdeka mengatakan, penyediaan prajurit merupakan bagian dari pembinaan prajurit dan kedepannya TNI akan menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Untuk itu diharapkan pada tahapan seleksi ini dilaksanakan secara selektif, obyektif dan transparan serta pilihlah prajurit yang berkualitas sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas kedepan TNI khususnya Kodam XIII/Merdeka.

” Pada sidang ini diharapkan dapat memilih calon-calon Prajurit Tamtama TNI AD yang berkualitas, yakni mampu mengikuti pendidikan militer dengan baik dan dapat diandalkan untuk melaksanakan tugas negara, ” kata Kasdam.

Mantan Kasdim 1309/Manado tersebut, menekankan kepada segenap panitia bahwa mengingat tujuan sidang Tamtama Prajurit Karier Reguler dan khusus Keagamaan ini merupakan salah satu upaya TNI AD di bidang personel untuk merekrut pemuda-pemuda Indonesia yang siap dididik dan dicetak menjadi prajurit masa depan, untuk itu peganglah selalu disiplin, moral dan etika serta junjung tinggi objektifitas selama melaksanakan tahap seleksi ini dan hindari terjadinya pelanggaran Werving.

Baca Juga:  Pangdam Denny Tuejeh Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

” Laksanakan tugas seleksi ini secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab, teliti setiap calon dengan cermat, agar memperoleh calon-calon Prajurit Tamtama TNI AD yang bermutu, ” tegas Brigjen TNI Luthfie Beta.

(Regina.TS)

 

 

Pos terkait