Koramil 1309-01/STB Canangkan Kelurahan Ternate Tanjung sebagai Kampung Pancasila

Manado – Dalam rangka menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam wadah Kampung Pancasila, Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 1309-01/STB melaksanakan launching “Kampung Pancasila”, Selasa (25/10/2022) di Kantor Lurah Ternate Tanjung Kecamatan Singkil, Manado.

Komandan Koramil (Danramil) 1309-01/STB Kapten Czi Raymond Ranti dalam sambutannya mengatakan Kampung Pancasila ini dibentuk karena memiliki keragaman budaya, Suku, Agama dan untuk mempererat silaturahmi, komunikasi dan koordinasi antar umat beragama khususnya di Kelurahan Ternate Tanjung.

Bacaan Lainnya

“Suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri dari Kelurahan Ternate Tanjung dipilih sebagai tempat launching Kampung Pancasila sebagai icon Kelurahan untuk Kelurahan yang lainnya. Tapi sebelumnya juga kegiatan seperti ini sudah ada diawali oleh wilayah lain diantaranya wilayah Kecamatan Wenang Koramil 1309-02/WTPM sudah dilaksanakan mendahului kemudian Kecamatan Karombasan Koramil 1309-03/Wanea dan kecamatan Pineleng Koramil 1309-04/PTM”, kata Danramil.

Baca Juga:  Operasi Gaktib dan Yustisi Pom TNI 2022 Resmi Digelar di Wilayah Kodam XIII/Merdeka

Dijelaskannya, pemilihan Kampung Pancasila ini berdasarkan yang didalamnya terdiri dari beberapa elemen Tokoh Masyarakat, Agama dan beberapa Tokoh Agama. Namun karena setelah kami evaluasi tidak semua Kelurahan memiliki 5 agama, kalau kita mau lihat dari kemajemukan masyarakat tidak bisa diukur dengan rumah ibadah saja karena Pancasila ini adalah simbol pemersatu, Pancasila adalah dasar negara kita yang sudah mengawal kita sekian tahun dan sudah melewati masa masa ujian dan untuk Pancasila itu sendiri bukan karena di Kampung Pancasila ini saja akan tetapi dari tingkat Sekolah Dasar (SD) kita sudah diajarkan tentang Pancasila yang didalamnya terdapat 5 Sila dan tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya nilai nilai Pancasila itu kedalam kehidupan kita sehari hari baik kehidupan sebagai pemerintah, aparat dan kehidupan sosial.

“Program Kampung Pancasila ini bertujuan untuk menanamkan nilai nilai pancasila, dimana menjadikan Ideologi Bangsa Indonesia itu tidak hanya sebatas slogan belaka melainkan diamalkan serta menjadi pedoman di dalam kehidupan”, ujar Kapten Czi Raymond Ranti.

Baca Juga:  Kodim Minahasa Latihan Simulasi Penanggulangan Letusan Gunung Lokon

Sambil menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut program dan arahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) ke Pangdam XIII/Merdeka kemudian Danrem 131/Santiago dan dalam hal ini sebagai pelaksana adalah Dandim 1309/Manado yang didalamnya ada Koramil 1309-01/STB yang melaksanakan di lapangan.

“Diharapkan dengan dicanangkannya Kampung Pancasila di Kelurahan Ternate Tanjung ini bisa menjadi simbol percontohan dari Kelurahan yang lain maupun masyarakat Kota Manado seluruhnya dan diharapkan juga dapat mengurangi kegiatan Kamtibmas, kalau orang sudah Pancasila sudah pasti dan hampir tidak ada lagi gangguan Kamtibmas”, ungkap Suami tercinta dari pdt Ny Eyva Tuwaidan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Singkil, Sekretaris Kecamatan Singkil, Lurah Kelurahan Ternate Tanjung, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh lapisan masyarakat serta undangan lainnya.

(Regina.TS)

 

 

Pos terkait