Kasdim 1302/Minahasa Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Tondano, Manadonews.co.id – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1302/Minahasa Mayor Inf Vino Satria Onibala S.Pt bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Jumat (28/10/2022) di Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Pada kesempatan itu juga Danramil 1302-04/Romboken Lettu Inf Frangky Kolibu bertindak sebagai Komandan upacara (Danup) dan Perwira upacara (Paup) Pasipers Kodim 1302/Minahasa Lettu Inf Farisnop Ompoe.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Kasdim 1302/Minahasa membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali menyampaikan segala puji kita panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini 28 Oktober 2022, kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Baca Juga:  Tingkatkan Kemampuan Fisik, Kodim 1302/Minahasa Laksanakan Garjas Periodik

Peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerakan langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap Primodial, Suku, Agama, Ras, dan Kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan Indonesia, peran pemuda dalam memelopori membangun Visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. peran pemuda telah tercatat dengan tinta Emas sepanjang masa.

Saudara-saudara sekalian, peringatan hari Sumpah Pemuda ini memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan sumpah pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa” tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia, tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Baca Juga:  Gubernur Sebut Ada Oknum yang Ingin Rusak Ketentraman di Sulut

“Akhirnya, marilah kita jadikan momentum peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia”,ujar Mayor Inf Vino Satria Onibala S.Pt.

Sementara itu Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy melalui Kasdim 1302/Minahasa kepada Manadonews.co.id mengatakan bahwa momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 tahun 2022 ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.

“Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang akan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang”, kata Kasdim.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pasiintel Kodim 1302/Minahasa Kapten Inf Donny Lumenta, Pasiops Kodim 1302/Minahasa Letda Inf Denny Paila, Pasilog Kodim 1302/Minahasa Kapten Arm Carle Sadrak Sonlay, Pasiter Kodim 1302/Minahasa Kapten Inf Sulistyo dan para Danramil sejajaran Kodim 1302/Minahasa.

(Regina.TS)

 

 

Pos terkait