Resmi Sandang Bintang Satu, Brigjen TNI Theodorus Kawatu Mantap Bertugas Sebagai Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka

Manado – Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Pangdam XIII/Merdeka resmi naik menjadi Jenderal Bintang satu menjadi Brigjen TNI Theodorus Kawatu, pada acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pati TNI AD yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Jumat (4/11/2022) di aula Jenderal Besar A.H Nasution lantai III Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

Sebelumnya telah dilaksanakan Laporan Korps Kenaikan Pangkat 37 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri dari 22 Pati TNI AD, 5 Pati TNI AL dan 10 Pati TNI AU, Jumat (4/11/2022) di aula Gatot Soebroto Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur yang dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Bacaan Lainnya

Mantan Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa tahun 2011 tersebut naik pangkat bersama 21 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD lainnya, diantaranya 3 orang Pati dinaikan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi menjadi bintang dua (Mayor Jenderal) yakni Mayjen TNI Widhioseno, Mayjen TNI dr. Guntoro, Mayjen TNI Mohammad Fadjar.

Sedangkan 18 orang lainnya meraih bintang satu (Brigadir Jenderal) yaitu Brigjen TNI Nur Budi Asmara, Brigjen TNI Garanta Singkali, Brigjen TNI dr. Iwan Darmawan Ma’mur, Brigjen TNI Kus Arisena, Brigjen TNI dr. Pontjo Yunarko, Brigjen TNI Slamet Riyadi, Brigjen TNI Bambang Sugiharto, Brigjen TNI Andri Tobarsono, Brigjen TNI Hariyanto, Brigjen TNI Yudhi Murfi, Brigjen TNI Masduki, Brigjen TNI Suwarno, Brigjen TNI Rabimin, Brigjen TNI Ridwan Gunawan, Brigjen TNI Marwan Suliandi, Brigjen TNI Harzeni Paine, Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru dan Brigjen TNI Indra Gumay Fitri.

Baca Juga:  Kapendam Jhonson Sitorus Sebut Upacara Bendera Bukan sekedar Rutinitas

Untuk diketahui Brigjen TNI Theodorus Kawatu merupakan almamater Sepa PK TNI tahun 1990 dan menjabat sebagai Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka sejak 28 September 2022 dengan jabatan terakhir Jenderal bintang satu yang berdarah Minahasa Selatan (Minsel) ini adalah Perwira Menengah (Pamen) Ahli Bidang Operasi Militer Perang (OMP) Sahli Pangdam XIII/Merdeka.

Melansir dari Wikipedia, suami tercinta dari Ny Rine Kaunang tersebut pernah mengemban sederat jabatan yang menjadikannya meraih Pangkat Bintang Satu dipundaknya, yakni sebagai Komandan Dodik (Dandodik) Secata B Bitung.

Pada tahun 2011 dipercayakan sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1420/Sidrap Korem 141/Toddopuli yang wilayah tugas berada di provinsi Sulawesi Selatan. Dan pada tahun 2011-2013 kembali dipercayakan memegang tongkat komando sebagai Dandim 1302/Minahasa yang berlokasi di provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kemudian di tahun 2013 sampai dengan 2016 menjadi Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Kasrem 131/Santiago.

Pada tahun 2016 berdasarkan Nomor Keputusan 33 tentang pembentukan dan pengesahan Kodam XIII/Merdeka didapuk sebagai Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIII/Merdeka yang pertama sampai tahun 2018.

Baca Juga:  30 November, Pemuda GMIM Gelar Virtual Leaders Camp

Tahun 2018 hingga 2019 dipercayakan menjadi Kepala Staf Korem (Kasrem) 131/Santiago, kemudian menjadi Staf Ahli Pangdam XIII/Merdeka Bidang Ekonomi tahun 2019-2020.

Brigjen TNI Theodorus Kawatu adalah Pati putera daerah Sulawesi Utara tepatnya di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang saat ini berada di jajaran Perwira Tinggi TNI yang telah berdinas selama 32 tahun dan melalui Satuan Tugas Darat Rajawali pada tahun 1997, 1998, dan 1999 melaksanakan tugas operasi di Timor-Timur atau sekarang yang dikenal dengan negara Timor Leste.

Selain itu Brigjen TNI Theodorus Kawatu adalah mantan Atlet nasional dari kecabangan olahraga Atletik yang berpengalaman dalam bidang Infanteri, melalui Military Senior Visit Davao bertugas di negara tetangga tepatnya di philippine dan mendapat kepercayaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi utara untuk menjadi Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Sulut.

Brigjen TNI Theodorus Kawatu kepada Manadonews.co.id menyampaikan akan mengemban amanah tugas dan kepercayaan pimpinan TNI dengan sebaik baiknya agar berguna bagi pengambilan keputusan sehingga tugas tugas panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran serta dapat memberikan kontribusi untuk TNI Angkatan Darat.

Baca Juga:  Rio Dondokambey Apresiasi Game Online di Pekan Rakyat Minahasa Utara

” Jabatan dan kenaikan pangkat ini adalah kepercayaan yang diberikan negara melalui pimpinan TNI kepada saya,akan saya emban dan laksanakan sebaik baiknya dan ini sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan ,” ujar Theo sapaan akrab Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, Irjenad Letjen TNI Richard Tampubolon, Koorsahli Kasad Letjen TNI Afini Boer, Asrena Kasad Mayjen TNI Kasuri, Asintel Kasad Mayjen TNI Dedi Solihin, Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman, Aslat Kasad Mayjen TNI Tri Winarno, Aspers Kasad Mayjen TNI Darmono Susastro, Aslog Kasad Mayjen TNI Saiful Rachiman, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, Danpuspomad Letjen TNI Chandra Warsenanto Sukotjo, Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, Ka RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Dr.dr Albertus Budi Sulistya, Danpussenif Letjen TNI Arip Rahman, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny Rahma Dudung Abdurachman dan para pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait