Danrem 131/Santiago Hadiri Rapat Paripurna Hari Jadi ke-594 Kabupaten Minahasa

Manado – Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis didampingi Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-594 tahun 2022 Kabupaten Minahasa, Sabtu (5/11/2022) di gedung Wale Ne Tou Kelurahan Kembuan Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutannya mengatakan puji dan syukur kita persembahkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia dan berkatnya, hari ini sabtu, tanggal 5 november 2022, warga Minahasa di segala tempat dapat memperingati Hari Jadi Minahasa ke-594.

Bacaan Lainnya

“Tanah yang diberkati, tetapi juga telah menjadi berkat bagi Indonesia dalam lintas sejarah perjuangan bangsa,” kata Bupati.

Dikatakan Roring, pada titik inilah, mari kita perkuat dan apresiasi kembali makna filosofi Mapalus untuk mengeratkan persatuan dan semangat gotong royong guna bersama-sama berjuang, agar bangsa kita dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19, bahkan dengan optimis kita merajut berbagai program pembangunan untuk kemaslahatan masyarakat.

Baca Juga:  Keceriaan Warga Molingkapoto Sambut Jalan Tani

“Pada momentum hari jadi Minahasa ini juga oleh Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) mengagendakan penganugerahan gelar adat para putra-putra terbaik Minahasa, yang telah menunjukkan kemampuan nya diberbagai bidang dan memberi teladan kepada kita sekarang ini, bahkan untuk generasi yang akan datang sekaligus menyatakan bahwa orang Minahasa tidak kalah kualitasnya di tengah-tengah kompetisi global saat ini,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengungkapkan bahwa Minahasa itu adalah pertemuan para tokoh-tokoh dan menjadi tolak ukur pembangunan Provinsi Sulawesi Utara maka dari itu kita dukung agar persatuan kesatuan gotong-royong dan
kebersamaan masyarakat Sulawesi Utara.

“Pembangunan yang ada di Provinsi Sulawesi utara khususnya di Kabupaten Minahasa begitu cepat dan berjalan dengan baik untuk menyiapkan sarana dan prasarana pelayanan masyarakat. Kabupaten Minahasa ini adalah sumber lumbung padi saya harapkan kedepannya pertanian yang ada di Kabupaten Minahasa ini lebih maju lagi,” ujar Olly Dondokambey.

Diketahui bahwa Korem 131/Santiago sebagai sub kompartemen strategis yang adalah pendukung dan pelaksana kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah. Untuk Kabupaten Minahasa sendiri adalah 1 dari 11 Kabupaten yang ada di wilayah pembinaan teritorial Korem 131/Santiago dalam hal ini Kodim 1302/Minahasa.

Baca Juga:  Mengejutkan! Salah Satu Sindikat Pencurian Spesialis Minimarket yang Diringkus Berstatus ASN

Rapat paripurna ini dilaksanakan untuk mengetahui visi dan misi kebijakan pemerintah dan sebagai sarana pembahasan mengenai hal hal yang terkait dengan pembangunan Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan upacara pengukuhan dan penganugerahan gelar adat Minahasa yang diberikan langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Bupati Minahasa Royke Roring kepada 7 tokoh putra Kawanua yang mengabdi di Sulut yang bertugas untuk negara yaitu Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (Tonaas Ma Tuktul Rondoren Um Banua), Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh (Tonaas Teterusan Wangko Um Banua), Direktur SDM Ditjen Kuathan Kemenhan-RI Mayjen TNI Agape Dondokambey (Tonaas Teterusan Wangko Um Banua), Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Royke Langie (Tonaas Gumigiroth Wangko Um Banua), Wakil Komandan Kodiklat TNI Marsekal Muda TNI AU Hesly Paath (Tonaas Teterusan An Wentangan Um Banua), Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto (Tonaas Gumigiroth Wangko Um Banua) dan Perwira Tinggi Mabes Polri Irjen Pol Wiston Tommy Watuliu (Tonaas Gumigiroth Wangko Um Banua), ditandai dengan penyerahan tongkat dan topi adat Minahasa.

Baca Juga:  Minahasa Siap Hadirkan 'Senam Sayang Sayang'

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh, Kapusjiantra Litbang Mabes TNI Mayjen TNI Agape Z. Dondokambey, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, Danlanudsri Manado Marsma TNI Satriyo Utomo, Danlantamal VIII Manado yang diwakili Asintel Lantamal VIII Manado Kolonel Laut (P) Profidol Andre Mantiri Dotulung, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, Kasdim 1302/Minahasa Mayor Inf Vino Onibala, Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Andi Silangen, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ny Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ny Kartika Devi Kandouw Tanos, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Cicilia Evie Denny Tuejeh, Ketua Persit KCK Cabang XIV Dim 1302 Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Susiana Effendi, para pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Utara, para Bupati dan Walikota se Provinsi Sulut, Sekdakab Minahasa Frits R. Muntu, para anggota DPRD Kabupaten Minahasa, para Asisten, Kepala Dinas (Kadis), Kaban Kabupaten Minahasa dan para Camat dan Lurah se Kabupaten Minahasa.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait