Satgas Pamtas Yonarmed Tarik Bogani Kembali Berhasil Mengumpulkan 3 Pucuk Senpi Rakitan Warga di Perbatasan

Pontianak, Manadonews.co.id – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani kembali menunjukan keberhasilannya dalam melaksanakan kegiatan teritorial dalam bentuk Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di wilayah perbatasan. Pasalnya selama 2 hari berturut turut berhasil mengumpulkan 3 senjata Api (Senpi) rakitan milik warga yang diserahkan secara sukarela.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11/2022) di Makotis Badau, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Perwira Menengah (Pamen) dengan dua melati dipundaknya itu menjelaskan, bahwa sebelumnya yakni pada hari Minggu 06/11/2022 pos Sei Beruang (Koki SSK IV) menerima sepucuk senjata api rakitan jenis penabur dari seorang warga Desa Sei Tekam Kabupaten Sangau berinisial M (50).

Keesokan harinya, Senin (7/11/2022) pos Kout Sintang menerima sepucuk senpi rakitan jenis penabur oleh S (39) warga Desa Jasa, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Dihari yang sama, seorang warga Desa Sei Mawang, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu yang berinisial R (62) menyerahkan sepucuk senpi rakitan jenis penabur kepada pos Sei Mawang I SSK II.

Baca Juga:  Kota Manado Dominasi Penjualan Mobil DATSUN di Sulut

“Penyerahan senjata api rakitan tersebut merupakan hasil penggalangan dari personel Satgas di wilayah binaan mereka. Dengan menggunakan metode pembinaan teritorial serta komunikasi sosial yang baik kepada masyarakat sehingga dapat menarik simpati sehingga secara sukarela menyerahkan senjata api rakitan yang mereka miliki,” ujar Danyonarmed 19/105 Tarik Bogani ke-6.

Dia juga menambahkan, dengan kurun waktu beberapa hari 3 pos satgas pamtas melaporkan adanya penyerahan senjata api rakitan dari masyarakat dan saya sangat mengapresiasi atas keberhasilan personel di pos-pos satgas dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter), dimana binter merupakan salah satu fungsi utama TNI yang diselenggarakan secara profesional sebagai bagian dari panggilan tugas untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI.

“Ketiga senpi rakitan yang diserahkan oleh warga saat ini sudah diamankan di gudang senjata masing masing pos Satgas tersebut sebagai barang bukti,” ungkap Edi.

(***/Reginannlhy)

 

Pos terkait