Persiapan Tugas ke Papua Pasukan Yonif Raider Wiratama Digodok Kemampuan Menembak 

Manado – Yonif Raider 712/Wiratama melaksanakan latihan menembak senjata penembak Runduk (Banduk), guna menunjang persiapan tugas operasi teritorial Satgas satuan organik wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, Selasa (15/11/2022) di lapangan tembak Rindam XIII/Merdeka, Airmadidi Kabupaten Minahasa utara.

Untuk diketahui dalam pertempuran, penembak runduk (sniper) adalah seorang prajurit infanteri yang memegang peran penting dan secara khusus terlatih untuk bisa melumpuhkan dan membunuh musuh secara tersembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan. Biasanya para penembak runduk ini tidak hanya digunakan untuk operasi penugasan akan tetapi juga menjalankan penugasan khusus seperti pengamanan VIP dan VVIP.

Bacaan Lainnya

Pasukan yang terkenal dengan tanda pengenal tutup kepala “Hijau Lumut” tersebut melaksanakan latihan dengan menggunakan senjata SPR-2 sebanyak 4 pucuk dengan peluru kaliber 12.7 mm sebanyak 223 butir, senjata SPR 3 sebanyak 8 pucuk dengan munisi kaliber 7.62 mm sebanyak 56 butir dan senjata AX Bolt sebanyak 3 pucuk, serta dipimpin langsung oleh Wadanyonif Raider 712/Wiratama Mayor Inf Alief Rahman.

Baca Juga:  Kodim 1303/Bolmong Bersih-bersih Kampus

Danyonif Raider 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya,S.Hub.Int., M.Han, kepada Manadonews.co.id mengatakan latihan menembak senjata penembak runduk ini merupakan salah satu pembinaan latihan untuk mempertajam dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit, sekaligus juga dalam rangka persiapan satgas satuan organik wilayah Kodam XVII/Cenderawasih Batalyon Raider 712/Wiratama.

“Pada latihan menembak senjata banduk para peserta melaksanakan menembak koreksi dengan jarak 200 m – 300 m dan diikuti oleh 62 personel yang terdiri 30 orang penyelenggara dan 32 orang pelaku,” ujar Pamen Abituren Akmil 2004.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait