Pangdam Merdeka Denny Tuejeh Berangkatkan 450 Prajurit Satgas Organik Yonif Raider Wiratama 

Manado – Doa dan ucapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mewarnai pemberangkatan 450 prajurit Yonif Raider 712/Wiratama yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Organik wilayah Papua, Senin (5/12/2022) di lapangan Hitam Secata Rindam XIII/Merdeka.

Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama akan bertugas selama 9 bulan menggantikan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang Kodam III/Siliwangi yang akan purna tugas operasi dan akan melaksanakan operasi Teritorial melalui pendekatan Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos) untuk membantu Kodim dan Koramil setempat guna menciptakan ketentraman dan rasa aman pada masyarakat khususnya masyarakat Papua.

Bacaan Lainnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh dalam amanatnya menyampaikan bahwa penugasan ini merupakan suatu kepuasan, kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi saya selaku Panglima Kodam XIII/Merdeka. Saya berharap Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama Kodam XIII/Merdeka yang akan bertugas di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih harus mampu mengemban tugas dengan baik dan mampu menjaga nama baik pribadimu, nama baik satuan Yonif Raider 712/Wiratama dan nama baik Kodam XIII/Merdeka.

Baca Juga:  MenHub Sesalkan Insiden Kekerasan Kepada Petugas

” Hari ini saya Panglimamu serta seluruh para undangan dan ibu ibu melepas kamu para pasukan untuk melaksanakan tugas bertempur, berperang dengan satu harapan saya kalian kembali dengan membawa satu kemenangan, mudah mudahan hal ini kalian betul betul pegang teguh ,” ungkap Perwira Tinggi TNI AD yang baru genap usia ke-57 tahun tersebut.

Dijelaskan Pangdam, terkait dengan perkembangan situasi wilayah papua yang sampai saat ini masih konflik, saya sangat berharap kamu kesana untuk menjadi bagian dari solusi negara ini untuk menciptakan perdamaian, menciptakan situasi yang kondusif, dan meredam keinginan mereka untuk melepaskan diri dari Indonesia, dengan sikap yang baik dan humanis melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) dan Komunikasi sosial (Komsos).

” Ini memang bukanlah tugas yang ringan, bukan tugas yang sepele, kamu untuk menghilangkan keinginan untuk merdeka biasanya sulit kalau sudah menyangkut ideologi. Akan tetapi kita harus menjadi bagian, sekali lagi kita harus menjadi bagian minimal mengurangi keinginan mereka dan masyarakat nanti dimana pos kamu berada dan saya harap kamu camkan itu ,” tegas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Baca Juga:  Pangdam XIII/Merdeka Dianugerahi Gelar Adat Tonaas Teterusan Wangko Um Banua

Pada kesempatan itu, pemegang tongkat komando tertinggi di Kodam XIII/Merdeka dan jajaran tersebut, berpesan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dalam pelaksanaan tugas operasi, menghindari pelanggaran, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

” Saya yakin kalian bisa memelihara moril, energi harus kamu tata selama disana kurang lebih 1 tahun. Tetaplah menjadi prajurit yang profesional tapi rendah hati dengan selalu mengandalkan campur tangan Tuhan sesuai dengan agama masing masing supaya kalian berangkat kesana, perjalanan lancar sampai disana berangkat dan kembali tetap 450 prajurit. Saya percayakan 450 prajurit ini ke dalam tangan Danyon serta para Perwira. Selamat jalan dan selamat bertugas semoga sukses Doa kami semua akan senantiasa menyertai langkah tugas dan pengabdian para prajurit sekalian ,” ujar Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh Djoike Tuejeh.

Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama Kodam XIII/Merdeka yang dipimpin Komandan Satgas (Dansatgas) Letkol Inf Madiyan Surya akan diberangkatkan ke wilayah
Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dengan menempuh jalur laut menggunakan KRI Teluk Hading (THG) 538 dengan komandan Letkol Laut (P) Asri Wahyudi dan akan ditempatkan di kolam pos rawan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) daerah penggunungan Puncak Jaya di Kabupaten Mulia.

Baca Juga:  Kasdim Bitung Menghadiri Rakorda Registrasi Sosial Ekonomi

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Lalawi, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandy, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, para pejabat utama Rindam XIII/Merdeka, Dankikav 10/MCS Lettu Kav Eka Syarif Hidayat, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Evie Cicilia Denny Tuejeh, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ipung Luthfie Beta dan para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait