Pangdam Denny Tuejeh Serahkan Piagam Penghargaan Kasad kepada RSUP Kandou dan 2 Prajurit Kodam Merdeka Berprestasi

Manado – Dalam rangka wujud apresiasi Pimpinan TNI Angkatan Darat (TNI AD), Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh memberikan piagam penghargaan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada RSUP Prof DR. R.D Kandou Manado dan Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang berprestasi, Rabu (7/12/2022) di gedung serbaguna Markas Kodam XIII/Merdeka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Direktur Utama RSUP Prof DR. R.D Kandou Dr,dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan dr Yeheskiel Panjaitan,SH, MARS, Koordinator Administrasi dan Umum Robert Jhon Tuwaidan, ST, MSi, Sub Koordinator Hukormas Novita,SH, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem 131/Santiago, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Lalawi, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy, para Waas Kasdam dan Wakabalak Kodam XIII/Merdeka, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Erry Dwianto, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, Kasmin Pangdam XIII/Merdeka Mayor Arm Januar dan Dankikav 10/MSC Lettu Kav Eka Syarif Hidayat serta tim Medis operasi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumoa.

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan hari ini kita memberikan penghargaan secara resmi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) kepada RSUP Prof DR. R.D Kandou Manado atas keberhasilannya dalam melaksanakan operasi pemisahan bayi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumoa anak dari Serda Fredik Lumoa Babinsa Koramil 1302-01 Dim 1302/Min Rem 131/Stg Dam XIII/Mdk.

Baca Juga:  Berikan Jamdan, Ini Pesan Dandim Ircham Effendy kepada Prajurit dan PNS Kodim Minahasa

Operasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 April 2022, jadi kurang lebih 8 bulan yang lalu tetapi TNI Angkatan Darat tentunya tidak bisa lupa bantuan dari Rumah Sakit tersebut.

” Saya mewakili Kepala Staf Angkatan Darat untuk menyerahkan penghargaan ini, bantuan yang sangat bermakna dan luar biasa tersebut tidak bisa kita ukur dan kita nilai hanya dengan memberikan penghargaan saja, akan tetapi mudah mudahan bentuk penghargaan ini bisa diterima dengan baik oleh pihak Rumah Sakit “, kata Pangdam.

Diungkapkan Pangdam, bahwa namanya rumah sakit ada saja nanti mungkin kebutuhan kebutuhan lain dari Kodam XIII/Merdeka, mudah mudahan kedepan kerjasama kita antara Pihak Prof DR. R.D Kandou Manado dengan RS R.W Mongisidi dan Kodam XIII/Merdeka akan lebih baik.

” Terima kasih pak Dirut sudah berkenan hadir ini merupakan suatu bentuk apresiasi yang sangat tinggi terhadap pemberian oleh KASAD. Saya tentunya mewakili keluarga Fredik yang anaknya dioperasi itu mengucapkan terimakasih dan kami tidak bisa membalas upaya yang sudah dilakukan, tapi dengan penuh keyakinan dan niat baik yang sudah kita lakukan itu pasti akan mendapatkan ridho dan balasan dari Tuhan Yang Maha Kuasa ,” ujar Pati TNI AD yang sejak 29 Desember 2021 mengemban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka.

Baca Juga:  Antisipasi Perkembangan Situasi di Wilayah Pertahanan, Kodam XIII/Merdeka Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI AD Tahun Anggaran 2022

Ditambahkan Pangdam, Kepala Staf Angkatan Darat juga dengan bangga memberikan piagam penghargaan kepada dua orang prajurit yang berprestasi yaitu di bidang olahraga dan yang berprestasi didalam menjalankan tugasnya yang luar biasa tepatnya di Palu.

Pangdam berharap melalui pemberian penghargaan ini akan menjadi kebanggaan pribadi untuk terus memacu diri sehingga selalu melakukan yang terbaik. Selain itu kalian bisa menjadi contoh dan teladan dalam memberikan motivasi kepada prajurit prajurit yang lain. Akan tetapi ingat, kita hanya punya satu kewajiban untuk melakukan yang terbaik tanpa harus menunggu atau meminta penghargaan. Kalau memang ada penghargaan itu sudah melalui berbagai macam pertimbangan dan anda menerima itu bukan merupakan satu kewajiban bagi seorang prajurit karena berprestasi harus menerima penghargaan tidak ada kata bagi seorang prajurit melakukan yang terbaik karena berharap mendapatkan penghargaan.

” Selamat bagi dua prajurit yang menerima penghargaan, saya Panglimamu bangga dan semua atasanmu yang ada disini tentu saja bangga dengan kalian berdua. Ini adalah satu bentuk pengabdian, dedikasi yang anda persembahkan kepada Kodam XIII/Merdeka dan Angkatan Darat sehingga itu mendapat apresiasi dari Kepala Staf Angkatan Darat ,” ujar Mayjen TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh.

Diketahui penghargaan Kepala Staf Angkatan Darat juga diberikan kepada dua prajurit yang berprestasi di bidang olahraga yaitu Kopda Sigit Satrya Tefa yang keseharian sebagai Dancuk-2 Ru Morri Ton Ban Kipan-B Yonif 714/SM Rem 132/Tdl Dam XIII/Mdk yang telah berhasil mendapatkan juara 1 kelas 75 kg kategori Ampro pada kejurnas Muaythai 2021/Liga Nasional. Sementara itu, Sertu Mustakim Babinsa Koramil 1311-05 Dim 1311/Mrw Rem 132/Tdl Dam XIII/Mdk mendapatkan penghargaan atas prestasinya berhasil melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaanya sehingga menerima penyerahan senjata api jenis SKS (Samozaryadnyi Karabin Sistem Simonova), 1 Pucuk Meriam Putar Lantaka, 103 Butir Munisi Kal 7,62 mm dan 1 buah Magazen.

Baca Juga:  Pom TNI dan Satuan Penegak Hukum Operasi Gaktib dan Yustisi di THM Wilayah Kodam Merdeka

Sementara itu Direktur Utama RSUP Prof DR. R.D Kandou Manado Dr,dr Jimmy Panelewen SpB-KBD dalam sambutan mengatakan operasi pemisahan bayi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumoa adalah operasi yang pertama kali dilakukan oleh RSUP Prof DR. R.D Kandou Manado. Operasi ini jarang dilaksanakan dan merupakan operasi yang cukup sulit serta beresiko tinggi, tapi semua ini berkat Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga operasi ini bisa berhasil dan berjalan dengan baik.

” Saya mewakili jajaran RSUP Prof DR. R.D Kandou Manado mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas penghargaan yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Pak Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang diserahkan oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh dan semua jajaran yang telah mensupport kegiatan operasi yang telah dilaksanakan oleh RSUP Prof DR. R.D Kandou Tuhan akan menyertai kita semua ,” ungkapnya.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait