Anggota DPRD Sulut Sosialisasi Perda dan Wawasan Kebangsaan, Ini Perincian Anggarannya

Manado – Kurun waktu tiga pekan sejak awal Desember 2022, anggota DPRD Sulut melakukan sosialisasi Perda dan Wawasan  Kebangsaan yakni empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sebelumnya, Sekwan Sulut Sandra Moniaga melalui kepala bagian persidangan Jerry Kristofel Hamonsina, menjelaskan waktu pelaksanaan Sosper dan Sosbang ditentukan sendiri oleh anggota DPRD.

Bacaan Lainnya

“Kami memberikan waktu kepada anggota DPRD untuk menentukan kapan pelaksanaan Sosper dan Sosbang dilaksanakanakan apakah minggu pertama, kedua atau ketiga. Terserah kesiapan waktu mereka,” ungkap Hamonsina.

Lanjut Hamonsina, untuk pelaksanaan sosper anggota Dewan wajib menghadirkan nara sumber.

“Tapi bisa saja dilakukan oleh Anggota dewan bersangkutan namun tidak dibayar karena bagian dari Tugas,pokok dan fungsi DPRD,” ucapnya.

Namun untuk Sosbang, urainya bisa anggota dewan menjadi narsum namun pembiayaannya 50 persen dari anggaran untuk narsum.

Baca Juga:  Bupati Minsel Akui Sangat Terkesan Selama Ikut Diklat OKPPD

Pelaksanaanya, diakui Hamonsina  baik sosper maupun sosbang dilaksanakan di 2 titik dengan jumlah peserta disetiap titik 50 orang.

“Setiap anggota dewan yang melaksanakan Sosper maupun Sosbang di setiap titik 50 orang peserta, dengan uang duduk masing masing Rp.100.000,” tambahnya.

Adapun Komponen pembiayaan yakni
Uang duduk Rp.10.000.000
Konsumsi Rp.15.000.000
Sewa tempat Rp.1.500.000
Honor nara sumber Rp.6.000.000
Dihitung setiap jam Rp.1.000.000
Moderator Rp.700.000
Mc Rp.400.000.

Hamonsina menyatakan materi untuk pelaksanaan Sosper  masih menyangkut Perda Fakir Miskin dan Anak terlantar serta Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Disabilitas.

(***/Jerry)

Pos terkait