Sukses Operasi Pemisahan Kembar Siam Joanna dan Jovelyn, RSUP Kandou Terima Penghargaan

Manado – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan khusus kepada manajemen RSUP Prof. dr. R.D. Kandou Manado, yang diserahkan oleh Pangdam XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh, Rabu (07/12) di gedung serbaguna Lt 2 Makodam XIII/Mdk.

Adapun penghargaan Kasad kepada RSUP Prof Kandou Manado itu sebagai apresiasi atas dukungan dan kerja keras jajaran RSUP Prof Kandou dalam atas keberhasilannya melakukan tindakan medis pada tanggal 21 April 2022 silam berupa operasi pemisahan bayi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumoa anak dari Serda Fredik Lumoa Babinsa Koramil 1302-01 Dim 1302/Min Rem 131/Stg Dam XIII/Mdk.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan yang sama Pangdam XIII/Merdeka juga menyerahkan penghargaan kepada para prajurit Kodam XIII/Merdeka yang berprestasi. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Kandou, Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD, didampingi Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang (PMKP), Jehezkiel Panjaitan dr. Yeheskiel Panjaitan, SH, MARS. Saat memberikan sambutan Dirut Panelewen, menyampaikan terima kasih kepada Kasad atas penghargaan buat RSUP Kandou Manado.

Baca Juga:  Ratusan Warga di Gigit Anjing Rabies

“Mewakili tim operasi pemisahan kembar siam, bahkan seluruh jajaran sivitas hospitalia RSUP Kandou, kami merasa bangga dan terhormat atas penghargaan ini, karena operasi pemisahan kembar siam yang dilakukan, merupakan yang pertama kali di RSUP Kandou dan berhasil,” ujar Dirut Panelewen.

Keberhasilan operasi pemisahan kembar siam, lanjut Dirut, bukan serta merta karena tim medisnya RSUP Kandou, akan tetapi juga merupakan atensi dari seluruh jajaran TNI-AD yang selalu mengsuport serta memberi dukungan penuh.

“Dokter hanya manusia biasa, yang menentukan adalah Yang Maha Kuasa. Dalam proses operasi banyak dinamika yang terjadi, ada banyak harapan dan doa agar proses berjalan dengan lancar, seperti kata kata bijak dari seorang ahli bedah mengatakan Dokter itu hanya membalut, yang menyembuhkan adalah Tuhan yang maha kuasa,” tuturnya.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh dalam sambutannya mengatakan hari ini kita memberikan penghargaan secara resmi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) kepada RSUP Prof dr. R.D. Kandou Manado atas eberhasilannya dalam melaksanakan operasi pemisahan bayi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumoa anak dari Serda Fredik Lumoa Babinsa Koramil 1302-01 Dim 1302/Min Rem 131/Stg Dam XIII/Mdk. Dia menambahkan, melalui momentum ini tidak menutup kemungkinan akan terjalin satu kemitraan dan kerjasama antara Kodam XIII/Merdeka dan RSUP Prof. dr. R.D Kandou Manado dalam berbagai hal.

Baca Juga:  Operasi Gaktib dan Yustisi Pom TNI 2022 Resmi Digelar di Wilayah Kodam XIII/Merdeka

” Penghargaan ini merupakan apresiasi tertinggi dari Kasad kepada pihak RSUP Kandou Manado khususnya. Atas nama keluarga besar Fredrik saya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan bantuan operasi yang telah berjalan lancar dan sukses. Kami berdoa agar RSUP Prof Kandou akan semakin maju dan menjadi saluran berkat kesehatan bagi masyarakat luas,” ujar Jenderal bintang dua asal tanah Minahasa itu sambil berharap kiranya bentuk penghargaan ini dapat diterima dengan baik, meskipun nilainya tidak sebanding dengan bantuan dan dukungan yang telah diberikan oleh pihak RSUP Prof Kandou Manado.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, para Asisten Kasdam dan Kabalak, para Kasi serta petinggi jajaran Kodam XIII/Merdeka lainnya. Sementar itu dari RSUP Kandou hadir juga Koordinator Administrasi dan Umum Robert Jhon Tuwaidan, ST, MSi, Sub Koordinator Hukormas Novita,SH, serta tim Medis operasi kembar siam Joanna dan Jovelyn Lumowa.

Baca Juga:  Kasdam Merdeka Brigjen Luthfie Beta Pimpin Upacara Hari Infanteri 

(***/BenyaminAlfonso)

 

Pos terkait