Pangdam Denny Tuejeh Resmikan dan Serahkan Kunci Bedah Rumah Bantuan Kasad

Manado – Panglima Komando (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh didampingi Kepala Staf Kodam(Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI dan Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis serta Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy mengikuti secara virtual peresmian dan penyerahan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bantuan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tahun 2022, Selasa (13/12/2022) di Desa Eris, Kabupaten Minahasa.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyerahkan sebanyak 60 unit rumah hasil bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam rangka program Babinsa Masuk Dapur kepada seluruh masyarakat yang ada di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan Program Babinsa Masuk Dapur Warga ini merupakan program sesuai dengan perintah Presiden Republik Indonesia pasca Covid-19 ini banyak orang yang terdampak karena ekonomi. Oleh karena itu salah satu perintah saya kepada jajaran Babinsa (Bintara Pembina Desa) untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga:  Danpomdam Kolonel Cpm Raden Tri Cahyo: Berangkat dengan Kebanggaan Pulang dengan Kemenangan

“Ini merupakan wujud nyata kehadiran TNI Angkatan Darat sebagai solusi mengatasi kesulitan masyarakat dan sesuai dengan tujuh perintah harian Kasad bahwa TNI Angkatan Darat harus hadir di tengah tengah masyarakat apapun kesulitannya,” kata Dudung Abdurachman.

Dikatakan Kasad, bahwa TNI Angkatan Darat telah melakukan berbagai program program unggulan diantaranya, Ketahanan Pangan, Manunggal Air Bersih, menjadi orangtua asuh Stunting, dan Babinsa Masuk Dapur Warga.

“Melalui program ini diharapkan dapat mengembangkan lima kemampuan teritorial Babinsa yaitu deteksi dini, cegah dini, temu cepat, lapor cepat, dan membantu pemerintah daerah dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat,” ujar Kasad.

Dudung berharap ini akan menjadi berkah bagi kita semua dan saya mengajari kepada semua jajaran agar kita lebih peduli kepada rakyat karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Apapun kepentingan dan tugas tugas kita adalah untuk rakyat oleh sebab itu jangan sampai ada rakyat kita yang kesulitan.

“Kepada para Pangdam dan Danrem, Dandim, Danramil serta Babinsa ini menunjukan kepedulian kita, Prajurit TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyat tetapi lebih hebat lagi kalau prajurit TNI Angkatan Darat mencintai rakyatnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gangguan Penglihatan Meningkat, RSUP Kandou Tingkatan Layanan Kesehatan Mata

Sementara itu Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh menyampaikan bahwa program bedah rumah ini berawal dari program Babinsa Masuk Dapur yang bertujuan untuk melihat secara langsung Kondisi kehidupan masyarakat pasca Covid-19.

“Untuk wilayah Kodam XIII/Merdeka, program bantuan dari Bapak Kasad kami mendapat 4 rumah tapi saya tambah 1 rumah jadi kita melaksanakan bedah rumah ada 5. Kemudian dalam rangka Hari Juang Kartika (HJK) kita juga sudah melaksanakan bedah rumah 20 rumah untuk awal dari 57 target yang akan kita perbaiki,” kata Mayjen TNI Denny Tuejeh.

Niko Tampi (Kel.Tampi-Karwur) warga Desa Eris yang mendapat bantuan Rumah Layak Tidak Huni (RTLH) mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kasad, Bapak Pangdam XIII/Merdeka, Bapak Danrem 131/Santiago dan Bapak Dandim 1302/Minahasa serta Bapak Babinsa dan semua pihak yang telah membantu pembangunan rumahnya.

“Saat ini saya dan keluarga telah mempunyai Rumah Layak Huni (RLH), dengan adanya rumah ini sekarang saya sudah bisa melaksanakan ibadah di dalam rumah karena sebelumnya saya selalu menolak kalau ibadah di rumah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tiap Tahun Ekspor Perikanan Sulut Terus Alami Kenaikan

Untuk diketahui bantuan RTLH bantuan Kasad Kodam XIII/Merdeka terdapat empat sasaran rumah yang dilaksanakan oleh Kodim 1301/Sanger, Kodim 1302/Minahasa, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwatu. Sedangkan 1 sasaran yang dilaksanakan Kodim 1310/Bitung dalam rangka Hari Juang Kartika (HJK).

(Reginannlhy)

 

Pos terkait