Diterima Walikota Bitung, Moeldoko Monitoring Program Pemerintah Pusat

BITUNG, MANADONEWS. CO. ID — Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri , menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Staf Kepresiden RepubIik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung (PPS), Kota Bitung. Kunjungan Kerja di Kota Bitung ini sehubungan dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Program Prioritas Nasional Bidang Kemaritiman serta diskusi dengan Para Pelaku Usaha Perikanan dan Nelayan.

Moeldoko, dalam sambutanya menyampaikan bahwa saat ini kita sedang menghadapi krisis Global. Yang pertama Krisis terahadap pangan, kedua Krisis Energi, dan ketiga Krisis Keuangan Global. Untuk itu, saya hadir di Kota Bitung dalam upaya monitoring berbagai Program Pemerintah Pusat.
Sektor Perikanan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pangan. ” Saat ini Pemerintah Pusat sedang bekerja ekstra demi turunnya angka kemiskinan ekstrem. 3 strategi yang dilakukan adalah, 1. mengurangi biaya pengeluaran masyarakat. seperti contoh, Pasar Murah yang dilakukan ataupun subsidi BBM dan lainya. 2. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. contohnya insentif oleh Pemerintah Pusat kepada UMKM. 3. Memperbaiki Infrastruktur. ” Ucap Moeldoko.
Sementara Itu, Wali Kota Bitung pun dalam sambutanya mengatakan bahwa kota bitung merupakan sentra perikanan nasional, dengan karakteristik dan struktur komponen industri perikanan seperti proses eksploitasi berupa penangkapan/ berburu (hunting), Komoditas utama: tct dengan Unggulan Ikan Cakalang, Industri primer yang berkembang: penangkapan, pengolahan, dan perdagangan untuk tujuan ekspor, kelompok pelaku: nelayan kecil, nelayan industri, pengusaha kapal tangkap, pengusaha pengolah ikan, jasa usaha pendukung.
Saat ini melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung, telah berjalan program Outlet Dekat Sarana Kelautan (ODSK) dalam rangka mempermudah dan memaksimalkan pelayanan perijinan bersama untuk sektor perikanan di kota bitung. Pengurusan izin kapal <30 gt kini bisa dilakukan di kantor Dinas Perikanan Kota Bitung yang sebelumnya harus dilakukan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara yang berkedudukan di Kota Manado.

Baca Juga:  Pangdam XIII Merdeka Cek Kesiapan Satgas Pam Puter Pendam

Hadir dalam Kegiatan, Febry Calvin Tetelepta Deputi I kepala staf presiden, Helson Siagian Tenaga Ahli Utama Kedeputian I, Alan frendy koropitan Tenaga Ahli Utama Kedeputian I, Agung rulianto Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Ir. Muhammad zaini, M.M beserta jajaran; Unsur Forkopimda Kota Bitung atau yg mewakili, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, dr. Tineke Adam, Executive General Manager Pertamina mor 7 Sulawesi, Edwin Dwiyanto, Kepala Upt Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, dr. adichandra, jajaran Pemerintah Kota Bitung, Staf Khusus yang membidangi, Para Pelaku Usaha Perikanan dan Nelayan.

(ROCKY)

Pos terkait