Kasrem Santiago Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD ke-77

Manado – Kepala Staf Korem (Kasrem) 131/Santiago Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) dengan Komandan upacara (Danup) Kapten Cba Jokhnes Sangkemona, pada peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-77 tahun 2022, Kamis (15/12/2022) di Markas Korem 131/Santiago.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang dibacakan oleh Kasrem 131/Santiago menyampaikan selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2022 kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga dimanapun bertugas dan berada, diiringi dengan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas pengabdian, loyalitas, disiplin dan dedikasi yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, bahwa tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022 ini adalah ” TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat ” yang merepresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Denny Tuejeh Berangkatkan 450 Prajurit Satgas Organik Yonif Raider Wiratama 

” Tema ini juga menjadi pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat, sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara. Oleh karenanya, TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan sebaliknya TNI AD harus selalu dihati rakyat. TNI AD tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat, karena hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI AD akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara ,” tegas Kasad.

Dijelaskannya, sejarah mencatat bahwa kebersamaan TNI dan rakyat merupakan kekuatan dahsyat yang mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Palagan Ambarawa merupakan peristiwa monumental yang menjadi salah satu bukti dahsyatnya kekuatan yang terbangun dari bersatunya TNI dan rakyat, sehingga dapat mengalahkan kekuatan pasukan kolonial yang jauh lebih modern, sambungnya.

” Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dipadukan dengan keberanian, keikhlasan serta rela berkorban akhirnya mampu mengantarkan TNI bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa heroik inilah yang kemudian kita peringati sebagai Hari Juang TNI Angkatan Darat ,” ungkap Jenderal Bintang Empat tersebut.

Baca Juga:  Kekuaasaan Gaghana Segera Berakhir. JEG: Terima Kasih

Menutup amanatnya, Kasad mengajak seluruh prajurit TNI AD untuk selalu menjadi solusi ditengah masyarakat dan peka serta menjaga stabilitas keamanan pada Pemilu 2024 mendatang. Serta menatap lurus kedepan guna memantapkan langkah bersama untuk mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, adaptif, modern dan profesional, yang ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat. Dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia saat ini, TNI AD harus mengambil peran untuk membantu mengatasinya.

” TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. Seiring berjalannya waktu, kita akan segera memasuki tahun politik menjelang diselenggarakannya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2024, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi dilingkungan tugas masing-masing. Pertajam naluri prajurit sebagai insan intelijen, aplikasikan deteksi dini dan cegah dini ,”tutup Kasad.

Kegiatan ini diikuti oleh para Kasi Kasrem dan Kabalak 131/Santiago, para Pamen dan Pama serta PNS Korem 131/Santiago.

(***/Reginannlhy)

 

Pos terkait