Istri Gubernur Pertama Sulut Berpulang, Permintaan Unik Almarhumah Sebelum Meninggal Dunia

Di masa pandemi Covid-19 Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu berkunjung ke banyak rumah sakit memberikan semangat kepada para tenaga kesehatan (Nakes) melalui pemberian Bunga Cinta Kasih

Manado – Dukacita dirasakan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) di ujung tahun 2022 ini.

Ibu Neltje Zus Tumbelaka-Ticoalu BA, istri dari Gubernur pertama Sulut, FJ Tumbelaka, meninggal dunia di IGD RSUD Maria Walanda Maramis Minahasa Utara, Jumat (30/12/2022), pukul 08.10 Wita.

Bacaan Lainnya

Almarhumah NZ Tumbelaka-Ticoalu meninggal dunia pada usia 84 tahun dikarenakan sakit.

Putra bungsu Almarhumah, Taufik Manuel Tumbelaka, menceritakan sebelum meninggal dunia Almarhumah menyampaikan permintaan unik yakni ingin digendong.

“Hanya saja, setelah membawa mama dari toilet waktu di rumah, mama minta digendong. Sepertinya ada sesuatu yang lain. Karena ia minta saya menggendongnya. Saya tanya mama, koq mau digendong? Mama bilang ia mau digendong sama seperti dahulu papanya, selalu menggendong. Maklum, mama adalah anak tunggal, anak semata wayang Keluarga Ticoalu-Rotinsulu,” kata Taufik Tumbelaka, yang setia menjaga dan menemani sang Ibunda hingga menghembuskan nafas terakhir.

Baca Juga:  PRKP Kotamobagu Survei Pohon Membahayakan

Ditambahkannya, saat subuh jelang pagi hari, Jumat (30/12/2022), kondisi sang Ibunda turun. Maka Taufik pun langsung membawa sang Ibunda ke RSUD Walanda Maramis Minut.

Diketahui, Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu BA, lahir di Palu Sulawei Tengah pada 2 Januari 1938.

Almarhumah merupakan istri dari Frits Johanes Tumbelaka, atau dikenal dengan nama panggilan Broer Tumbelaka (7 Maret 1921 – 20 Agustus 1983), yang merupakan Gubernur pertama Provinsi Sulawesi Utara.

Almarhumah meninggalkan dua putra, Fajar Yahya Tumbelaka dan Taufik Manuel Tumbelaka, serta seorang cucu, Ando Tumbelaka.

Almarhum divonis dokter mengalami gangguan ginjal sejak 21 Januari 2022, dan dirawat secara intensif di sejumlah rumah sakit, bahkan dirawat di rumah keluarga di Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara.

Almarhumah dikenal begitu setia sebagai istri saat sang suami Broer Tumbelaka menjabat dalam pemerintahan sebagai Gubernur Sulawesi Utara dan Tengah (Sulutteng)

Setelah provinsi itu dipecah menjadi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, Broer Tumbelaka menjabat sebagai Gubernur pertama Sulawesi Utara. Broer Tumbelaka diketahui memainkan peran penting dalam menemukan solusi damai atas konflik antara pemerintah Indonesia dan gerakan Permesta.

Baca Juga:  PDI Perjuangan masih Tunda Umumkan Calon di Manado, Pengamat: Menguntungkan

Selamat jalan, Ibu Neltje Zus Tumbelaka-Ticoalu, Tuhan Yesus dan para Kudus menjemputmu dalam keabadian.

(***/JerryPalohoon)

 

Pos terkait