Kebahagiaan Pagi Hari di Puncak Jaya

Puncak Jaya, Manadonews.co.id – Suasana pagi hari yang cerah, namun kali ini perhatian Pasukan Wiratama khususnya di Ds. Kalome Kab. Puncak Jaya tertuju pada sekelompok mama-mama. Tepatnya di depan Posramil Kalome Satgas YR 712/Wt yang tiba-tiba didatangi sekelompok mama-mama membawa barang di noken tergantung di kepala seperti ciri khas masyarakat Papua.

Tak lama kemudian, sekelompok mama-mama tersebut menggelar barang bawaannya di selembar terpal yang ternyata isinya adalah bahan-bahan hasil alam yang masih sangat segar dan fresh seperti sayur-mayur, ubi-ubian serta buah-buahan yang sontak menarik perhatian prajurit Wiratama.

Tanpa pikir panjang, anggota Satgas Yonif R 712/Wt langsung menyerbu ke tempat mama-mama yang menjajakan hasil alamnya. Aksi tawar-menawar pun berlangsung seketika sehingga menciptakan situasi harmonis karena sesekali diselingi candaan, terlihat pula selingan tawa dan senyum masyarakat yang menyaksikannya.

“Kegiatan transaksi jual-beli menggunakan uang masih awam dilakukan oleh masyarakat disini, melainkan lebih kepada tukar-menukar alias barter. Biasanya masyarakat datang membawa hasil kebun ke Pos untuk ditukar bahan makanan lainnya yang ada di Pos seperti Supermie, ikan kaleng dan bahan-bahan makanan Pos lainnya.” ucap Bapak Nume Dionesius, Danpos Kalome.

Baca Juga:  Terkait Dokumen TPF Munir, Wiranto Tegaskan Tidak Ada Perintah Presiden untuk Mengusut SBY

“Di awal saya sudah sering menyampaikan pada prajurit saya bahwa prajurit harus selalu bersama-sama dengan masyarakat dalam setiap kegiatan sehingga dapat terjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan, dengan kegiatan barter seperti ini, saya berharap akan timbul komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat .” Tutur Dansatgas Yonif R 712/Wt, Letkol inf Madiyan Surya, S.Hub.Int.,M.Han

(***/Reginannlhy)

 

Pos terkait