Dokter Spesialis Interna Gelar Old and New

Airmadidi, Manadonews.co.id – Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Samratulangi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Sabtu, 14 Januari 2023 bertempat di Casa Benedetta Desa Warukapas Minahasa Utara menggelar acara Old and New dengan Tema “Rising Together” yang mengartikan bahwa dalam setiap keadaan, suka maupun duka, sebagai manusia biasa wajiblah kita semua saling bahu membahu, meringankan beban dan turut bekerja sama untuk mencapai impian yang dicita-citakan.

Kegiatan seperti ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan untuk merayakan diterima nya PPDS Interna yang baru, menerima kembali staf pengajar di bagian ilmu Penyakit Dalam yang telah menyelesaikan masa studi dan melepaskan staf pengajar yang telah mencapai masa purnabakti, serta melepaskan lulusan spesialis dan sub-spesialis.

Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP Prof.Dr. R. D. Kandou Manado Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi serta terima kasih kepada 7 dokter sub-spesialis yang telah menyelesaikan pendidikan dan telah memiliki sertifikat, Surat Penugasan Klinis (SPK) dan (RKK) Rincian Kewenangan Klinis, yang telah dilakukan kredensial dan sudah siap menjalankan tugas di RSUP Kandou.

Baca Juga:  ADVERTORIAL: TNI Manunggal Masuk Desa ke- 108 Tahun 2020 di Wilayah Kodim 1302 Minahasa Resmi Dibuka Bupati Royke Roring

Sebagai sub-spesialis dan sekaligus telah memiliki Surat Tanda Registrasi Kompetensi Tambahan (STRKT) sebagai syarat menjadi Konsultan, termasuk juga kepada ke 34 dokter spesialis yang sudah selesai menjalankan pendidikan dan penelitian di RSUP Kandou Manado.

Kepada semua spesialis dan sub-spesialis dimanapun mereka melakukan pelayanan, agar dapat melakukan sesuai dengan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pendidikan, atau sesuai dengan standar operasional prosedur.

Dan untuk ke 31 orang PPDS yang baru akan masuk pendidikan di RSUP Kandou diharapkan, akan mengikuti pelatihan selama seminggu, seperti orientasi umum dan orientasi khusus, dengan tetap menjaga kesehatan serta komunikasi yang baik dengan pasien agar pelayanan dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

“Satu hal juga yang ditekankan oleh Direktur bahwa jangan lagi pernah ada istilah bully antara senioritas dan junioritas agar supaya tidak ada penekanan terhadap junioritas,” jelas Dr. Ivonne.

Sementara itu dr. B. J. Waleleng, Sp.PD-KGEH selaku Ketua Bagian/KSM Ilmu Penyakit bersyukur dengan kagiatan yang rutin dilakukan oleh bagian Interna ini, karena dalam kegiatan seperti ini menjadi satu moment kebersamaan antara para dokter, Dosen dan Keluarga yang dikemas menjadi satu acara Old and New dimana dalam kegiatan ini juga memperkenalkan penerimaan PPDS Interna yang baru dan melepas dokter spesialis yang telah lulus dalam tahun itu.

Baca Juga:  Lima Negara Pelajari Sistem Penerapan Kesehatan Ibu dan Anak di RSUP Kandou Manado

“Selain itu juga kegiatan seperti ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada keluarga masing-masing, baik orang tua, suami atau istri dan anak-anak termasuk juga sosialisasi dan perkenalan dengan seluruh staf dosen, serta menampilkan kaledeiskop dari kegiatan Interna,” tutur dr. B.J Waleleng, Sp.PD-KGEH yang juga sebagai Ketua SPI RSUP Kandou Manado.

Demikian juga dengan Ketua PAPDI Sulawesi Utara, dr. Harlinda Haroen, Sp.PD-KHOM mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memang rutin dilaksanakan oleh bagian Interna setiap tahun dimana dalam kegiatan tersebut untuk menerima residen yang baru sebagai anggota PAPDI muda, serta melepaskan residen – residen yang sudah menjadi spesialis penyakit dalam untuk menjadi anggota PAPDI cabang dimana saja diseluruh Indonesia mereka pergi bekerja.

Perayaan “Old and New” pada tahun ini menerima peserta didik PPDS Ilmu Penyakit Dalam pada periode Agustus 2022 dan Februari 2023 mengungkapkan rasa syukurnya melalui penampilan kesenian drama musikal.

(***/BenyaminAlfonso)

 

Pos terkait