Dibuka Jokowi, ROR Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda

BOGOR, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring (ROR), menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia Tahun 2023 yang bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor.

Mengusung tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa, (17/1/2023).

Dalam arahannya Presiden Jokowi menyampaikan para Kepala Daerah bersama-sama dengan Bank Indonesia (BI) harus terus memantau harga barang dan jasa yang ada di lapangan agar bisa dilakukan deteksi dini terkait gejolak harga.

Jokowi meminta Kepala Daerah harus lebih sering masuk ke pasar dan bekerja lebih teliti dalam memantau harga.

“Terutama harga bahan pokok,” tandas Jokowi.

Pesan tegas juga dialamatkan kepada pihak mengingat di lapangan ada beras di 79 daerah mengalami kenaikan yang tidak sedikit.

“Urusan telur, 89 daerah mengalami hal yang sama, naik,” jelasnya.

Demikian juga dengan sejumlah bahan lainnya.

Presiden mengingatkan pemerintah daerah terkait kebijakan tarif angkutan, PDAM jangan sampai memicu inflasi.

Baca Juga:  Walikota harap pertahankan swastiba wistra

“Saya minta Badan Pusat Statistik (BPS) di daerah untuk memberikan data yang akurat kepada para kepala daerah sebagaimana yang saya lihat selama ini selalu diberikan Kemendagri, juga dari BI sehingga daerah semuanya memiliki data,” tuturnya.

Pos terkait