Yonzipur Yudha Karya Nyata Terjunkan Dua Alat Berat Pulihkan Akses Jalan

Manado – Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka melalui Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 19/Yudha Karya Nyata berusaha semaksimal mungkin untuk bergerak cepat membantu penanganan pasca bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Manado.

“Akibat longsor pasca hujan deras yang terjadi pada Jumat (27/1/2023) mengakibatkan akses jalan
Desa Talawaan Bantik dengan Desa Talawaan Atas Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara terputus,” kata Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, Minggu (29/1/2023) via telepon genggamnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, bahwa Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata membuka akses jalan yang menghubungkan Desa Talawaan Bantik dengan Desa Talawaan Atas Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara dengan mengerahkan 2 unit alat berat berupa 1 unit Bachkoe Loader dan 1 unit Self Loader yang merupakan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Zeni Tempur.

Baca Juga:  Joune Ganda Dampingi Jerry Sambuaga Pantau Ketersediaan dan Harga Bapok di Pasar Kauditan

“Selain alat berat, kurang lebih 60 personel Yonzipur 19/YKN kami kerahkan untuk diturunkan di titik titik yang wilayahnya terdampak dan terisolir guna memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir dan tanah longsor,” kata Hanif.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda bukti pengabdian TNI kepada masyarakat yang terdampak bencana alam dan ini juga merupakan implementasi tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) salah satunya adalah membantu untuk penanganan banjir,” tambah Hanif.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen tersebut berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa Utara, dan turut dihadiri oleh Kadis PU Kabupaten Minut Noldi Kilapong, Hukum Tua Desa Talawaan Atas Feky Kasihidi dan Babinsa Desa Talawaan Atas Serda Seldy.

Untuk diketahui 60 prajurit Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata ditempatkan di beberapa tempat diantaranya, Pondok Pesantren Assalam Kelurahan Bailang Kecamatan Tuminting, Kompleks Perumahan masyarakat Lingkungan 4 Kelurahan Mahawu Kecamatan Tuminting, Pos Pemantau Air Kelurahan Dendengan Luar, Jalan Kima Atas Kecamatan Mapanget dan Perumahan Permata Klabat Desa Paniki Baru Kecamatan Talawaan.

Baca Juga:  Kasdam Merdeka Menerima Paparan RGB Latihan Posko I dan LDS Satgas BGC XXXIX-E/Monusco Kongo

(Reginannlhy)

 

Pos terkait