Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaBudayaDaerahDesaNusa UtaraPariwisataPemerintahanSangiheSulawesi Utara

Komitmen ODSK Untuk Pariwisata Sulut. Kediaman Raja Manganitu Jadi Destinasi Wisata Baru.

×

Komitmen ODSK Untuk Pariwisata Sulut. Kediaman Raja Manganitu Jadi Destinasi Wisata Baru.

Sebarkan artikel ini
wisata
Kediaman Raja Manganitu di Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Kabar gembira bagi masyarakat Kecamatan Manganitu dengan penganugerahan kediaman Raja Manganitu sebagai Destinasi Wisata baru.

Setelah di landa pandemi Pariwisata Sulawesi Utara kembali melebarkan sayap ke daerah-daerah yang memiliki potensi untuk di kembangkan.

MANTOS MANTOS

Sebagai tindak lanjut, pemerintah setempat segera melaksanakan sejumlah persiapan Jumat (17/02/2023).

“Dalam rangka mempersiapkan Kampung Taloarane pada Anugerah Desa Wisata, Pemerintah Kecamatan Manganitu bersama

Pemerintah Kampung Taloarane melakukan beberapa persiapan,” ujar Julian Pesik.

Sejumlah persiapan mulai jelas terlihat di lokasi kediaman Raja Manganitu dengan melaksanakan pembersihan halaman rumah raja.

“Pemerintah Kampung Taloarane telah melaksanakan rapat persiapan dan hari ini sudah mulai action dengan melakukan kerja bakti pembersihan halaman Rumah

Raja Manganitu, mengingat Rumah Raja merupakan destinasi unggulan,” jelas Camat pencetus Pentas Seni Budaya Maobungang itu.

Lebih lanjut, dengan anugerah desa wisata ini pemerintah desa dan kecamatan tengah mempersiapkan agenda dengan melibatkan

Baca Juga:  Tercatat 6.921 Orang Merahkan Tahuna

sejumlah stakeholder pemerhati sejarah dan budaya yang ada di Kecamatan Manganitu.

Camat Manganitu Julian Pesik SSTP (Kaos Merah)

“Kedepan juga sudah ada agenda yang kami rencanakan bersama dengan Pj Kapitalaung yang akan melibatkan beberapa sektor di

Kecamatan Manganitu,” kata Pesik.

Terkait hal itu, ia meminta dukungan penuh masyarakat di wilayah Kecamatan Manganitu untuk bersama-sama mensukseskan program pemerintah.

“Kami mengajak seluruh elemen yang ada untuk mendukung Kampung Taloarane sebagai Desa Wisata dalam Anugerah Desa Wisata,” ajaknya.

Dengan di sematkannya Kampung Taloarane sebagai desa wisata ia berkeyakinan ke depannya akan berdampak langsung pada ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya ADWI ini, pasti akan ada dampak positif di antaranya dampak Ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sebagaimana di kutip dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara yang di release pada 01 November 2022:

  • Jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi bulan September 2022 sebanyak 2.178 orang meningkat 23,89 persen di banding bulan Agustus 2022 (M-to-M). Di bandingkan bulan September 2021, meningkat 267,28 persen (Y-on-Y).
  • Wisatawan Mancanegara di dominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 1.364 orang (62,63 persen), Jerman 172 orang (7,90 persen), Inggris 109 orang (5,00 persen) dan Singapura 89 orang (4,09 persen).
  • Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sulawesi Utara bulan September 2022 mencapai 41,68 persen turun 0,04 poin dibanding TPK bulan Agustus 2022 yang sebesar 41,72 persen.
  • Rata-rata lama menginap tamu (RLMT) hotel berbintang bulan September 2022 mencapai 1,86 hari, meningkat  0,09 poin di banding bulan Agustus 2022.
  • Sedangkan rata-rata lama menginap tamu asing (RLMT Asing) hotel berbintang bulan September 2022 mencapai 2,28 hari, meningkat 0,53 poin dibanding bulan Agustus 2022.
Example 120x600