Instalasi Promkes RSUP Kandou Gelar Edukasi tentang Penyakit Katarak

Manado – Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kandou Manado menggelar Edukasi Kesehatan tentang Katarak penyebab Kebutaan yang dapat disembuhkan bersama Narasumber dr. Andrew Chitra, Sp.M didampingi dokter resident Pieter Kalalo diruang tunggu pasien poliklinik penyakit Selasa 05/12/2023 Desember 2023.

dr Andrew dalam materinya menyampaikan bahwa Katarak merupakan suatu kondisi penuaan yang terjadi pada seseorang, dimana lensa pada mata yang awalnya jernih menjadi keruh sehingga mengganggu penglihatan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup individu.

Selain itu Katarak ini hanya dapat diobati dengan cara tindakan operasi fakoemulsifikasi dan penggantian lensa ke dalam mata dengan suatu alat khusus, dan operasi ini tidak memakan waktu yang lama dan tidak menimbulkan nyeri pada pasien.

Dalam sosialisasi mengenai katarak tadi, para peserta terlihat antusias tentang kesadaran mengenai kesehatan mata.

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou Manado dr. Sekplin Sekeon, Sp.N(K)MPH menambahkan bahwa penyuluhan seperti ini merupakan agenda rutin dari instalasi Promkes RSUP Prof Kandou Manado yang dilaksanakan dua sampai 3 kalu sebulan dengan topik yang berbeda.

Baca Juga:  Peduli Kanker Serviks, RSUP Kandou Lakukan Penyuluhan di Puskesmas

Diharapkan agar lewat Edukasi Kesehatan seperti ini membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga, terutama kesehatan mata serta senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat pungkasnya .

Usai penyampaian materi Master of Ceremony Christian Modeong, S.I.Kom memberikan kesempatan kepada beberapa pasien dan keluarga pasien untuk bertanya seputar penyakit Katarak, dan semua pertanyaan dijawab langsung oleh dokter Andrew dan dilanjutkan oleh dokter Andrew dengan simulasi pemeriksaan / Skrining Mata kepada sejumlah pasien yang ikut dalam kegiatan edukasi kesehatan

(BenyaminAlfonso)

 

Pos terkait