Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManado

Pangdam Mayjen TNI Legowo Jatmiko Pastikan Pemilu di Wilayah Kodam Merdeka Aman dan Kondusif

×

Pangdam Mayjen TNI Legowo Jatmiko Pastikan Pemilu di Wilayah Kodam Merdeka Aman dan Kondusif

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Sebanyak 8555 personel Kodam XIII/Merdeka dan 216 unit kendaraan serta 318 set alat Penanggulangan Huru Hara (PHH) disiagakan untuk mengamankan seluruh rangkaian pelaksanaan pemilu 2024 nanti baik di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Kesiapan itu ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko dengan Komandan Upacara (Danup) Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, Kamis (1/2/2024) di lapangan upacara Makodam XIII/Merdeka.

Example 300x600

Apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu tahun 2024 digelar secara serentak di seluruh jajaran Kodam secara vicon dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dengan melibatkan satuan dari TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan Kodam XIII/Merdeka untuk membantu pemerintah daerah dan kepolisian mengamankan pelaksanaan pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

“Kita koridornya Undang Undang TNI nomor 34 tahun 2004 dimana tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpa darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ungkap Pangdam.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Arakan

Pangdam menekankan kepada seluruh prajurit Kodam XIII/Merdeka agar tidak terpancing atau terprovokasi dengan hal apapun yang pada akhirnya membuat citra negatif dan menyudutkan TNI.

“Laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing masing,” kata Pangdam.

Bertindaklah secara profesional dalam mengantisipasi setiap kecenderungan perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan, dengan mempedomani aturan pelibatan perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri dalam mengatasi setiap gangguan keamanan selama pelaksanaan pemilu 2024.

“Para komandan satuan bertanggung jawab terhadap kerawanan di wilayah tanggung jawab nya masing masing, antisipasi sejak dini untuk mencegah dan mengeliminirnya,” ujar Legowo.

Pangdam juga mengingatkan kembali kepada seluruh prajurit, baik unsur pimpinan maupun bawahan yang berada di bawah naungan Kodam XIII/Merdeka untuk tetap menjaga netralitas TNI pada pelaksanaan pemilu 2024.

– Jangan berfoto atau selfie menggunakan simbol jari atau atribut parpol, karena dapat diputar balikkan sebagai bentuk dukungan kepada kontestan pemilu.

– Jangan memberi komentar apapun terkait kontestan pemilu, apalagi berdiskusi dengan masyarakat baik di dunia nyata maupun dunia maya atau medsos.

Baca Juga:  Kabintaljarahdam Merdeka Hadiri Doa Bersama Lintas Agama di Taman Berkat Manado

– Jangan menempel dokumen, atribut atau identitas peserta pemilu di instansi atau peralatan milik TNI.

– Jangan ikut berkampanye ataupun membantu pelaksanaan kampanye kontestan pemilu.

– Jangan ikut menyambut atau mengantar kontestan pemilu.

– Jangan sekali kali memobilisasi massa untuk kepentingan parpol atau calon tertentu dengan alasan apapun.

“Semua ini adalah demi komitmen netralitas TNI,” katanya.

Dalam wawancaranya, Pangdam Legowo mengatakan dalam rangka pengamanan pemilu 2024, pihaknya mengerahkan personel siapops TNI untuk keseluruhan ada 8.869 personel gabungan dengan rincian TNI Angkatan Darat (AD) 8.555, TNI Angkatan Laut (AL) 176 dan TNI Angkatan Udara (AU) 138.

“Kodam XIII/Merdeka didukung oleh Lantamal VIII Manado dan Lanudsri Manado siap melaksanakan pengamanan pemilu 2024 supaya jujur, adil, aman dan lancar,” kata Pangdam.

Dikatakannya, ribuan personel yang dikerahkan Kodam XIII/Merdeka tersebut nanti nya akan mengamankan 18.933 TPS dengan rincian untuk wilayah Korem 131/Santiago 5.950 TPS, Korem 132/Tadulako 9.452 TPS dan Korem 133/Nani Wartabone 3.531 TPS.

Baca Juga:  Dalam Rangka Aswasdik, Dankodiklatad Kunker Ke Kodam XIII/Merdeka

“Nantinya, ada juga dorongan berupa PHH kurang lebih 200 unit yang masih dalam perjalanan,” kata Legowo Jatmiko.

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Nouldy Tangka, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot CP Sinaga, Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Letkol (Pas) M. Fahromy, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Letkol, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick Tobing, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Danyonarmed 19/Bogani Mayor Arm Dony Romansah, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif dan para tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

Example 300250
Example 120x600