Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita TerbaruBerita UtamaMinut

Taufik Tumbelaka Sebut Pengakuan ‘The Indonesian Next Leaders’ kepada Joune Ganda Pencapaian Bersejarah

×

Taufik Tumbelaka Sebut Pengakuan ‘The Indonesian Next Leaders’ kepada Joune Ganda Pencapaian Bersejarah

Sebarkan artikel ini
Bupati Joune Ganda dalam suatu kegiatan di Kabupaten Minahasa Utara

Airmadidi, Manadonews.co.id – Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune RA Ganda, SE, MAP, MM, MSi, menjadi salah-satu contoh terbaik bagi para pemimpin di Indonesia yang menginspirasi.

Pengakuan tersebut tercantum dalam buku ‘The Indonesian Next Leaders’, pada peluncuran versi digital di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Example 300x600

Pengamat sosial politik, Taufik Manuel Tumbelaka, memberikan apresiasi atas pencapaian tersebut karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

“Ada lebih dari 500 Bupati dan Walikota, beliau bisa masuk 5 terbaik dianggap pemimpin potensial masa depan Indonesia, itu merupakan pencapaian yang bersejarah,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan di Manado, Jumat (2/2/2024).

Lanjut Tumbelaka, harus diakui dari para Bupati dan Walikota khususnya di Provinsi Sulawesi Utara yang menang Pilkada terakhir, Joune Ganda  termasuk paling apes karena harus bekerja extra berat di awal kepemimpinan melaksanakan pekerjaan rumah (PR) untuk membenahi ‘warisan’ banyak permasalahan termasuk di bidang administrasi.

“Beda dengan Bupati dan Walikota yang lain, bisa langsung ‘on-fire’ melanjutkan warisan peninggalan pembangunan dari pemimpin sebelumnya,” tukas mantan aktivis UGM ini.

Baca Juga:  Pesan Ganjar Pranowo kepada Kagama di Sulut melalui Taufik Tumbelaka

Selain itu, pemilihan skala prioritas kebijakan berdasarkan kondisi kekinian dan kebutuhan daerah di tambah masa kerja yang pendek, menurut Tumbelaka, tampaknya mendapatkan perhatian tersendiri dari tim penilai.

Diharapkan pencapaian ini menjadi tambahan stimulan bagi Bupati Joune Ganda dan jajaran bisa bekerja maksimal bagi masyarakat Minahasa Utara.

“Pencapaian ini dapat dijadikan contoh bukan hanya untuk para kepala daerah dan pejabat, tapi juga bagi kita semua dalam hal melakukan upaya yang bernas dengan kesungguhan, maka akan berbuah apresiasi nasional,” kata Tumbelaka.

Sebelumnya diberitakan, mendapatkan pengakuan dalam buku ‘The Indonesian Next Leaders’, Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, menjadi salah-satu contoh terbaik bagi para pemimpin yang menginspirasi di Indonesia.

Direktur Utama Media Indonesia, Gaudensius Suhardi, pada peluncuran versi digital buku ‘The Indonesian Next Leaders’ di Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024, mengungkapkan bahwa diperkirakan ada sekitar 3000 jabatan publik yang akan terbentuk di periode pasca pemilihan nasional.

“Buku ini menyoroti berbagai aspek kepemimpinan, termasuk gaya, seni, filosofi, kebijaksanaan, dan kiat manajemen kepemimpinan, baik dalam konteks akademis maupun praktis,” jelas Suhardi.

Baca Juga:  Diundang Berdiskusi, Taufik Tumbelaka Punya Penilaian Positif terhadap Kapolda Irjen Pol. Mulyatno

Panelis buku ini meliputi Abdul Kohar, News Director Media Indonesia, Arief H Thamrin, CEO Solutee, Dr. Yuliandre Darwis, akademisi dan pakar ilmu komunikasi, serta Mariani Ng, trainer leadership dan pemegang sertifikat mind mapping dari Amerika Serikat.

“Para panelis memberikan ulasan dan analisis tentang 18 tokoh, termasuk lima pejabat negara dan empat pemimpin korporasi,” tukas dia.

Suhardi menegaskan, bahwa buku ini memberikan gambaran tentang berbagai aspek kepemimpinan yang bernilai, serta memperkenalkan para pemimpin inspiratif sebagai contoh sukses, model, dan sumber praktik terbaik.

“Salah satu contohnya adalah Bupati Minahasa Utara, bapak Joune Ganda,” kata Suhardi.

Suhardi menambahkan, sejak memimpin Kabupaten Minahasa Utara pada 2021, Joune Ganda telah meraih berbagai penghargaan dari berbagai kementerian dan lembaga, terkait dengan kesejahteraan rakyat, seperti ketenagakerjaan, perlindungan anak, kesehatan, dan pengendalian stunting.

“Selain itu, dia juga menciptakan program-program unggulan, seperti inovasi bibit kelapa yang produktif dan pengembangan wisata Likupang,” terang Suhardi.

Gaya kepemimpinan yang kolaboratif, kooperatif dan partisipatif, menurut Suhardi, membuat Joune Ganda menjadi pemimpin yang handal dan berwawasan global, yang memahami birokrasi dan mampu membawa kemajuan untuk daerahnya.

Baca Juga:  ADVETORIAL: Bupati Minahasa Utara Joune Ganda Ucapkan Selamat Untuk BPMS GMIM Terpilih

“Fokusnya pada kepentingan dasar masyarakat sangat menonjol. Talenta dan kinerja positifnya menjadikannya layak untuk menjadi pemimpin masa depan,” pungkas Gaudensius Suhardi.

(JerryPalohoon)

 

Example 300250
Example 120x600