Pangdam Merdeka Gandeng Forkopimda Sulut Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

MINUT,MANADONEWS.CO.ID– Sebagai bentuk dukungan dan komitmen TNI Angkatan Darat dalam mendukung program program pemerintah demi kesejahteraan rakyat dan meningkatkan ketahanan pangan agar terpenuhinya kebutuhan bagi negara dan masyarakat, Kodam XIII/Merdeka bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut serta Kabupaten Minahasa Utara melaksanakan program ketahanan pangan di Desa Tetey, Jaga II, Kecamatan Dimembe, Jumat (2/2/2024).

Sinergi antara Kodam XIII/Merdeka dengan komponen bangsa tersebut dipimpin langsung Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko didampingi Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo, ditandai dengan penanaman bibit pohon kelapa dan penaburan benih ikan Nila dan Mujair sebanyak 30.000 ekor serta penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu dan pemberian paket gizi kepada anak stunting.

Bacaan Lainnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pemerintah daerah, bapak Gubernur Sulawesi Utara dan Bupati Minahasa Utara beserta segenap perangkatnya, yang telah mendukung program program ketahanan pangan dan penghijauan serta bakti sosial Korem 131/Santiago dan jajarannya.

Baca Juga:  JIPS Gelar Ibadah Perayaan Natal

“Terimakasih bapak Gubernur Sulut dan bapak Bupati Minahasa Utara yang sudah membantu kami semuanya dan mendukung kegiatan ini, mudah mudahan kita semua tergerak untuk bersahabat dengan alam,” kata Pangdam.

Dikatakan Pangdam, pelibatan anggota TNI, baik TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara dalam kegiatan ketahanan pangan adalah strategi TNI dalam bekerjasama dengan elemen bangsa untuk mewujudkan swasembada pangan nasional secara mandiri serta merupakan panggilan tugas guna mendampingi dan membantu rakyat serta menghasilkan produksi pangan.

“Program program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat adalah tugas kita semua, sehingga sinergitas antar institusi sangat diperlukan agar setiap program dapat berjalan secara efektif dan efisien,” ujar Legowo.

Pada kesempatan itu, Pangdam XIII/Merdeka mengajak komponen bangsa dan masyarakat untuk bersama sama menyukseskan program ketahanan pangan demi kemakmuran dan meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kami sebagai anggota TNI baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara mengajak semuanya masyarakat Indonesia untuk mari bersama sama memanfaatkan alam dan mencintai serta bersahabat dengan alam. Mudah mudahan dari kegiatan kegiatan yang sudah kita laksanakan ini kita bisa mengantisipasi supaya masyarakat kehidupannya tetap berlangsung dengan baik dan juga untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” pungkas Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko.

Baca Juga:  Pemkot Sosialisasikan PLP2IP Kepada Lurah, KSM, dan Fasilitator

Sementara itu Bupati Minut Joune Ganda yang diwakili Sekretaris Kabupaten Minut Novly Wowiling mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan strategis karena mengenai ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk menjaga stabilitas ketersediaan bahan pangan.

“Kami mengapresiasi kepada bapak Pangdam XIII/Merdeka beserta jajaran, yang sudah mengawal dan memberi kontribusi dalam kegiatan strategis ketahanan pangan. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut demi kesejahteraan para petani dan nelayan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Novly Wowiling.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Korem 131/Santiago dan jajarannya tersebut merupakan bentuk upaya penghijauan untuk melestarikan alam, dengan dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan Wibisono, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Nouldy Tangka, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot CP Sinaga, Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, para Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa Utara, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem 131/Santiago, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Letkol (Pas) M. Fahromy, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Letkol, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick Tobing, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono, Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Feninda Yarnedi dan para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran. (Regwilnnlhy)

Baca Juga:  Anggota Persit Koorcabrem Santiago Diminta Segera Urus Kartu Penunjuk Istri

Pos terkait