Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManado

Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko Resmi Serahkan Pasukan ke Pangdam Merdeka Baru

×

Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko Resmi Serahkan Pasukan ke Pangdam Merdeka Baru

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Setelah melaksanakan tradisi penyambutan dan dinyatakan resmi menjadi warga Merdeka, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menerima penyerahan pasukan dari Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko selaku pejabat lama, Kamis (14/3/2024) di Markas Kodam XIII/Merdeka.

Pucuk pimpinan di Kodam XIII/Merdeka resmi berpindah sejak tanggal 8 Maret 2024 dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, namun sebagai tradisi di Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan upacara penyerahan Kodal pasukan.

MANTOS MANTOS

Upacara ini ditandai pembacaan naskah penyerahan pasukan oleh Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko dan diterima Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya.

Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko dalam amanatnya mengatakan, bahwa acara tradisi satuan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan serah terima jabatan Panglima Kodam XIII/Merdeka yang telah dilaksanakan pada 8 Maret 2024 yang lalu di Mabesad, di mana secara resmi dirinya menyerahkan tugas, wewemang dan tanggung jawab jabatan Pangdam XIII/Merdeka kepada Mayjen TNI Candra Wijaya.

“Saya ucapkan selamat atas pengangkatan Mayjen TNI Candra Wijaya sebagai Pangdam XIII/Merdeka, saya yakin, Mayjen TNI Candra Wijaya dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik baiknya,” ucap mantan Gubernur Akmil tahun 2021-2023 tersebut.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka di mana pun bertugas dan berada atas loyalitas, dedikasi dan dukungannya, sehingga saya dapat mengemban tugas sebagai Pangdam XIII/Merdeka dengan baik.

Tetaplah menjadi seorang prajurit “Jaya Sakti” yang sejati, PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif), disiplin, terlatih, militan dan dicintai oleh rakyat.

Baca Juga:  Wagub Kandouw Buka Musrembang Regional Sulut 2019

“Semoga Kodam XIII/Merdeka dapat terus memberikan karya karya terbaik dalam menjaga harkat dan martabat serta kedaulatan NKRI,” harapnya.

Diakhir amanatnya, mantan Pangdam XIII/Merdeka ke-7 tersebut, atas nama pribadi dan keluarga nya dengan segala kerendahan hati memohon maaf yang sedalam dalamnya, lahir dan batin kepada segenap warga Kodam XIII/Merdeka apabila selama kurang lebih 7 bulan sejak saya dilantik sebagai Pangdam XIII/Merdeka terdapat kekhilafan, karena kami menyadari sepenuhnya bahwa setiap manusia tidak akan luput dari kesalahan dan kekhilafan, baik dalam bertutur kata maupun berperilaku.

“Akhirnya, saya beserta keluarga mohon diri dan mohon doa restu, semoga kami dapat terus berkarya demi TNI Angkatan Darat, rakyat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” pungkas Pa Sahli Tk.III Kasad Banusia.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan angkatan darat yang telah memberikan kepercayaan dan kehormatan untuk memimpin Kodam XIII/Merdeka.

“Saya bersyukur dan memohon petunjuk serta bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa, agar amanah tugas dan tanggung jawab ini dapat saya emban dengan sebaik baiknya,” kata mantan Kadispenad tersebut.

Pati dari Korps Artileri Pertahanan Udara ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko atas pengabdian dan darmabakti terbaiknya melalui berbagai karya nyata selama memimpin Kodam XIII/Merdeka, sehingga seluruh wilayah tanggung jawabnya relatif aman dan kondusif, prajuritnya menunjukkan semangat dan moril yang tinggi, soliditas dan sinerginya dengan komponen bangsa lainnya sangat kuat dan harmonis.

Baca Juga:  Mayjen TNI Legowo Jatmiko Lantik Mukhammad Yusron Jadi Danyon Wiratama

“Sungguh tidak mudah untuk mewujudkan itu semua. Oleh karena itu, saya bertekad untuk mempertahankan dan melanjutkan semua yang telah dirintis oleh beliau, serta menuntaskan semua yang telah dikonsep atau direncanakan namun belum sempat terlaksana atau terselesaikan karena keterbatasan waktu dan tenaga,” ungkap pria berdarah Sidoarjo ini.

Dikatakan mantan Gubernur Akmil tahun 2021 itu, bahwa tantangan tugas ke depan pasti semakin kompleks. Namun kita tetap harus dapat menjawab tuntutan tugas tersebut.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka, mari, bersama sama kita menjaga dan memelihara citra dan nama baik Kodam XIII/Merdeka serta meningkatkan prestasi yang pernah diraih, tentunya dengan tetap memelihara profesionalitas perorangan dan satuan,” pungkas mantan Danpussenarhanud tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, para Danrem jajaran Kodam XIII/Merdeka, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Letkol (Pas) M. Fahromy, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, para Dandim jajaran Kodam XIII/Merdeka, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Danyonarmed 19/Bogani Mayor Arm Dony Romansah dan Danyonif 712/Wiratama Mayor Inf Mukhammad Yusron. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600