Example floating
Example floating
BeritaDaerahNasionalNusa UtaraPemerintahanSangiheSulawesi Utara

Tamuntuan Hadiri Rakornas Pengadaan ASN TA 2024

×

Tamuntuan Hadiri Rakornas Pengadaan ASN TA 2024

Sebarkan artikel ini

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Pj. Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan yang di dampingi Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDMD Stephany Koloay, SE Menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024 di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (14/03/2024).

Rapat yang di selenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di hadiri langsung Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, para undangan yang di hadiri seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini Kepala Daerah dan Unsur Bidang Kepegawaian di Seluruh Indonesia.

MANTOS MANTOS

Menteri PANRB menyampaikan beberapa prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024.

Salah satunya adalah fresh graduate yang memiliki kemampuan digital menjadi salah satu sasaran SDM yang akan direkrut pada seleksi CASN pada tahun ini.

Baca Juga:  RSUP Kandou Miliki Alat REVEOS Whole Blood Automation System

Saat ini, Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta dan sudah di tetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

“ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa di lamar oleh fresh graduate serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang di peruntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN),” jelas Abdullah.

Anas mengatakan, pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

“Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya,” katanya.

Selain talenta digital, Menteri Anas juga menyampaikan prioritas pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemenuhan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara itu, Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe dr Rinny Tamuntuan sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian mengatakan Rakornas tersebut sangat penting.

“Ini merupakan agenda strategis kepentingan Daerah karena membahas persiapan pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024,” ujarnya.

Di samping itu kata Rinny, ia telah menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di Lingkungan Insatansi Pemerintah Daerah Kab. Kepulauan Sangihe TA. 2024.

“Namun kami belum bisa menyampaikan berapa banyak Persetujuan untuk Jumlah ASN yang akan diterima karena masih ada pentahapan dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” tutupnya.

(RiTa/DK)

Example 120x600