Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaSitaro

Kodam XIII/Merdeka Kirim Satgas Penanggulangan Bencana Alam Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

×

Kodam XIII/Merdeka Kirim Satgas Penanggulangan Bencana Alam Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya memimpin apel pemberangkatan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam (Satgas Gulbencal) ke Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara, yang dilaksanakan di Makodam XIII/Merdeka, Kamis (18/4/2024).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dengan respon cepat telah memerintahkan Satgas Gulbencal, khususnya satuan yang berada di Sulut, sebanyak 89 orang personel langsung berangkat ke Kepulauan Sitaro. Mereka dilengkapi dengan berbagai perlengkapan komunikasi, logistik, bekal alat dan obat kesehatan serta alat-alat kebencanaan lainnya.

MANTOS MANTOS

“Adapun personel Satgas Gulbencal bergerak ke titik evakuasi dan akan membentuk posko tanggap darurat dalam rangka membantu evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang,” ungkap Pangdam.

Baca Juga:  Jajaran Kodim Manado Laksanakan Upacara Bendera 17-an Dipimpin Pasiops Mayor Inf Sunaryo

Pada kesempatan itu, Pangdam XIII/Merdeka juga secara langsung mengecek personel yang akan berangkat termasuk materiil yang dibutuhkan di tempat bencana alam, kemudian secara langsung melepas dan memimpin doa pemberangkatan Satgas Gulbencal Kepulauan Sitaro Kamis siang.

“Harapan kami semua, Satgas ini mampu memberikan kontribusi nyata dalam membantu warga terdampak bencana dan memitigasi korban bencana lainnya,” ujar Mayjen Candra.

Untuk diketahui, tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulut, menurut BMKG saat ini berada pada level IV atau Awas, dan sudah ditetapkan status tanggap darurat pasca erupsi oleh pemerintah setempat.

Akibat dari erupsi Gunung Ruang tersebut sebanyak 828 jiwa yang berasal dari Pulau Gunung Ruang telah dievakuasi ke pulau Tagulandang.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Pimpin Gelar Pasukan Pam VVIP Wapres

Kegiatan apel ini dihadiri para PJU Kodam XIII/Merdeka dan prajurit Satgas Gulbencal Kepualuan Sitaro Sulut. (***/Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *