BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Infolahta Kodam Merdeka Gelar Bimbingan Teknis Bagi Operator Komputer dan Multimedia

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya kemampuan sebagai operator komputer dan multimedia bagi prajurit di satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, Informasi dan Pengolahan Data (Infolahta) Kodam XIII/Merdeka menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) operator komputer dan multimedia bagi anggota satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, Senin (6/5/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi diri dalam rangka mendukung pencapaian tugas pokok satuan masing masing, dibuka langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, dengan dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Syarifuddin, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha, Kainfolahtadam XIII/Merdeka Kolonel Arh Faris Kurniawan, para Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Kolonel (Pas) M. Fahromy dan Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bimbingan teknis operator komputer dan multimedia ini bertujuan untuk membekali para prajurit nya di bidang komputer dan multimedia terutama dalam mendukung penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government.

“Kegiatan ini sangat penting dan tidak semua Kotama diberikan alokasi anggaran untuk melakukan ini,” kata Pangdam.

Dikatakannya, revolusi teknologi informasi dan komunikasi menuntut seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government.

Kodam XIII/Merdeka sebagai salah satu kompartemen strategis TNI AD, otomatis memliki kewajiban untuk mendukung terwujudnya E-Government tersebut.

“Untuk itu, peran dan tanggung jawab operator komputer dan multimedia sebagai produsen data dalam siklus pengolahan data menjadi sangat krusial,” ujar mantan Gubernur Akmil itu.

Pangdam juga menegaskan kepada seluruh peserta Bimtek untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, sehingga diharapkan kembali ke satuan masing masing dapat menambah pengetahuan serta dapat menerapkan ilmu yang telah di dapat selama mengikuti kegiatan ini.

“Saya berharap sepulangnya anda selesai mengikuti kegiatan ini, para peserta sekalian sudah bisa melaksanakan tugas tugas khususnya yang menangani laporan laporan yang menggunakan aplikasi komputer baik yang ada di staf Kodam, Korem, Kodim dan Batalyon walaupun belum mahir tapi anda sudah bisa,” tandas mantan Danpussenarhanud tersebut.

Sementara itu, Kainfolahtadam XIII/Merdeka Kolonel Arh Faris Kurniawan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) operator komputer dan multimedia bagi anggota satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2024.

“Dengan adanya bimbingan teknis bagi anggota operator komputer dan multimedia ini, setidaknya sudah ada upaya yang dilakukan oleh Infolahta Kodam XIII/Merdeka untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam bentuk kemampuan teknologi informasi khususnya penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government,” tandas mantan Dandim 0401/Muba itu.

Kegiatan yang diikuti 107 peserta itu, turut menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, tidak tanggung tanggung 6 pemateri yaitu, Kolonel Arh Faris Kurniawan dengan materi “Sistem Tekhnologi Informasi”, Kapten Arm Novri mater “Pengetahuan Multimedia”, Letda Cke Maulana materi tentang “Pengetahuan Jaringan”, Letda Inf Arianto dengan materi “Pengetahuan Siber”, Sertu Galih tentang “Pengetahuan Internet”, dan Serka Fernando Papahaseng materi “Pengetahuan Komputer”. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version