BeritaDaerahNusa UtaraSangiheSulawesi Utara

Danrem 131/Santiago Ziarah Ke Makam Pahlawan Raja Santiago

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip SH.MH di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, selain meninjau satuan Kodim 1301/Sangihe, Danrem 131/Santiago juga melaksanakan Ziarah ke Makam Pahlawan Raja Santiago yang berada di Kampung Karatung 1 Kecamatan Manganitu, Rabu (04/06/2024).

Di sela-sela agenda kerja tersebut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip S.H. M.H bersama Kasi Intel Kasrem 131/Santiago Kolonel ARM Eko Pristino SH.M.l.Pol, Kasi Ops Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Frandi Siboro, Kasi Ren Kasrem 131/Santiago Letkol Inf Wasono Handayani, S.HUB.INT dan Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Suhendro Alim  Prayogo, S.Sos.M.H. menyempatkan waktu berziarah di Makam Raja Santiago, sosok yang sangat di kagumi oleh masyarakat Nusa Utara (Sangihe, Talaud, Sitaro) berkat kegigihannya, mempertahankan wilayah dari serangan penjajah.

Dalam kunjungannya ke makam Raja Santiago tersebut Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip S.H. M.H mengungkapkan rasa bangga dapat mengetahui sejarah Santiago yang di ceritakan secara langsung oleh penjaga sekaligus keturunan Raja Santiago.

“Selaku Komandan di Satuan Korem 131/Santiago harus mengetahui sejarah nama Santiago dan saya sangat bangga dapat mengetahui siapa itu Raja Santiago dan bertemu langsung dengan keturunan Raja Santiago karena ini merupakan kewajiban sebagai Komandan di Satuan yang menyandang nama Santiago,” sebut Danrem.

Ernest Barahama (68) keturunan Raja Santiago, saat di temui di lokasi menceritakan panjang lebar sejarah perjuangan Raja Santiago yang tetap gigih berpegang teguh pada pendirian mempertahankan wilayahnya dari penjajah Belanda, dirinya berharap kepada para generasi penerus Bangsa agar tidak melupakan sejarah dan tetap memelihara dan menjaga warisan sejarah salah satunya keberadaan Makam Raja Santiago yang terletak di Kampung Karatung 1 Kecamatan Manganitu.

(***/RiTa)

Exit mobile version