Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaBitungBolmongMinutPertanianSulawesi Utara

Danrem Santiago Buka Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Ketahanan Pangan Bagi Babinsa

×

Danrem Santiago Buka Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Ketahanan Pangan Bagi Babinsa

Sebarkan artikel ini

MINUT,MANADONEWS.CO.ID– Komando Resor Militer (Korem) 131/Santiago bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara menggelar penyuluhan dan pelatihan pertanian bagi para personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Korem 131/Santiago, Selasa (11/6/2024) di aula Serba guna JGC,Matungkas Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pertanian ini dalam rangka membantu pemerintah mewujudkan dan mendukung Ketahanan Pangan khususnya wilayah Korem 131/Santiago.

MANTOS MANTOS

Dalam sambutannya, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pemerintah daerah atas dukungan dan partisipasi dalam membantu program ketahanan pangan Korem 131/Santiago.

“Selaku Danrem 131/Santiago Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah khususnya Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow raya yang telah aktif membantu program Ketahanan pangan jajaran Korem 131/Santiago, atas pengolahan lokasi lahan ketahanan pangan seluas lahan 70 hektar di wilayah Kodim 1310/Bitung khususnya di Kabupaten Minahasa Utara dan 30an hektar di wilayah Kodim 1303/Bolmong, ini merupakan wujud kesungguhan dan upaya Korem 131/Santiago dalam rangka menjaga ketahanan pangan,” ujar almamater Akmil 1993 itu.

Dikatakan Martin, bahwa kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan Korem 131/Santiago ini, merupakan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan juga suatu wujud dari aktualisasi program pemerintah, serta tentu kedepannya akan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow raya.

“Program ini merupakan program unggulan dari bapak Kasad untuk memanfaatkan lahan tidur sebagai ketahanan pangan, kemudian Aster Panglima TNI juga mencanangkan kegiatan ketahanan pangan di Mabes TNI supaya masing masing jajaran baik Korem dan Kodim sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) melaksanakan kegiatan ketahanan pangan yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan pangan dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya masing masing,” kata Martin.

Baca Juga:  Kolonel Arm Sumanto Resmi Tutup Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat di Kodam Merdeka

Ditambahkannya, terkait dengan kegiatan penyuluhan dan pelatihan pertanian, ini merupakan salah satu upaya Korem 131/Santiago dalam membekali prajurit melalui peningkatan SDM di bidang pertanian khususnya para Babinsa jajaran Korem 131/Santiago.

Nantinya dalam kegiatan ketahanan pangan jajaran Korem 131/Santiago kali ini, kita laksanakan di dua tempat yaitu, di Kabupaten Minahasa Utara dengan luas lahan 70 Hektar sedangkan lahan seluas 30 Hektar lebih berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Raya.

Sehubungan hal tersebut akan ditanam jagung dan tanaman Palawija lainnya yang dilaksanakan secara serentak program Ketahanan pangan Korem 131/Santiago, nantinya akan dibantu oleh kelompok tani serta akan kolaborasi dengan masyarakat untuk penanaman jagung ini dan akan dilaporkan ke Komando atas.

“Saya berharap nantinya ini sebagai contoh kepada masyarakat sekitar dan juga khusus bagi prajurit pelatihan ini dapat diterapkan di wilayah masing masing, karena kita disini melibatkan kelompok tani dan kolaborasi dengan masyarakat yang rencananya hasil ketahanan pangan nanti akan disalurkan kepada masyarakat yang gunanya untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga kedepannya ini bisa menjadi model bagi Kodam XIII/Merdeka,” tandas mantan Dandim 0501/Jakarta Pusat.

Baca Juga:  Brigjen TNI Wakhyono Pimpin Sertijab Kasiintel dan Kasiter Korem 131 Santiago

Sementara itu, Bupati Minut Joune Ganda dalam sambutannya yang diwakili Sekda Kabupaten Minut Novli Wowiling mengatakan, pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melakukan berbagai upaya mendorong ketahanan pangan melalui berbagai strategi dan kebijakan.

Saat ini ketahanan pangan merupakan program prioritas pemerintah nasional dan ini sangat terkait dengan inflasi, inflasi itu bagaimana upaya pengendalian terhadap harga secara khusus itu dibatasi sehingga akses daya beli masyarakat itu bisa terjangkau.

Selain itu melalui program ini sebuah kolaborasi antara TNI dan Pemerintah daerah dapat menghasilkan beberapa output bagi masyarakat berupa, ketersediaan pangan dan kolaborasi melibatkan masyarakat sehingga peruntukannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam bentuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selaras dengan program ini, TNI Angkatan Darat khususnya Korem 131/Santiago salah satu institusi yang telah mengambil langkah mendukung program pemerintah yakni, pemanfaatan lahan tidur yang merupakan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan merupakan karya nyata yang telah dilaksanakan oleh Korem 131/Santiago.

“Kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengucapkan terimakasih atas sinergitas bersama Korem 131/Santiago dalam program ketahanan pangan, dimana kita memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempertahankan ketahanan pangan khususnya bagi penduduk Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Novly Wowiling.

Kegiatan ini dihadiri Kasiter Kasrem 131/Santiago Letkol Inf Lucky Sonny Maramis, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Kadis Pertanian Kabupaten Minahasa Utara Wangle Karundeng dan para Danramil jajaran Kodim 1310/Bitung. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *