Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Kodam XIII/Merdeka Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah

×

Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Kodam XIII/Merdeka Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Dalam upaya memperkuat sinergi dan memperluas komunikasi antara TNI dengan Lembaga Kementerian, Kodam XIII/Merdeka menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Bersama Aparat Pemerintah (Apem) wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (21/6/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Kegiatan yang bertema “TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim” tersebut dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Agus Wahyudi Irianto, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Ardian Patria Chandra, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr. I Gede Putu Arsana, Kabintaljarahdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sutikno, Dandenma XIII/Merdeka Kolonel Inf Ashari, Kazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Dwi Joko Siswanto, Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Anis Victor Brugman, Waaster Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Aditiyo, Wakapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Ely Asyer Sitompul dan para tamu undangan.

MANTOS MANTOS

Dalam kesempatan tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto membacakan amanat tertulis Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengucapkan selamat datang di Markas Kodam XIII/Merdeka kepada aparat sipil pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga:  Ratusan Prajurit Kodam XIII Merdeka Tingkatkan Kemampuan Bela Diri Taktis

“Semoga kehadiran dalam pertemuan ini dapat semakin mempererat jalinan kerja sama antara Kodam XIII/Merdeka dengan segenap aparat pemerintah yang selama ini telah berjalan dengan baik, sehingga ke depan dapat semakin lebih baik lagi,” kata Kasdam.

Dikatakan Kasdam, sebagaimana kita ketahui, Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang memiliki keragaman alam yang luar biasa. Namun perubahan iklim global telah menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti naiknya permukaan air laut, perubahan pola curah, dan bahkan kebakaran hutan.

Selain itu, perubahan iklim juga mempengaruhi ketersediaan air bersih untuk konsumsi dan kebutuhan industri. Semua ini berpotensi menyebabkan kerugian besar terhadap ekosistem keberlanjutan sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat.

“Disinilah peran TNI dengan Kementeriaan dan Lembaga sangat penting dalam menghadapi perubahan iklim di Indonesia, tugas TNI tidak hanya menjaga keamanan negara dari ancaman militer tetapi juga memiliki tanggung jawab dalam upaya perlindungan lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam,” ujarnya.

Kasdam juga menyampaikan, bahwa Komsos merupakan salah satu program kerja bidang Teritorial yaitu wahana untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan serta mempererat hubungan antara aparat Teritorial Kodam XIII/Merdeka dengan aparat sipil Pemerintah Provinsi Sulut untuk saling bersinergi dalam mengantisipasi berbagai dampak perubahan iklim sekaligus membangun komunikasi dialogis dan saling memberi informasi terkait situasi yang terjadi di wilayah.

Baca Juga:  Tipu Bos Sendiri Karyawan RM Istana Ikan Laut Dibekuk Buser Polres Tomohon

Kita sadari bersama bahwa aparat negara bertugas sejalan dengan tujuan nasional, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur serta wajib melayani seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang latar belakang sosial dan budaya serta statusnya. Untuk mencapainya, tidak bisa setiap sektor bekerja sendiri sendiri, tetapi harus bersinergi dengan yang lainnya.

“Oleh karena itu, mari kita tetap tegakkan ideologi pancasila sebagai dasar negara yang sudah final, demi tetap utuh dan tegaknya NKRI,” tandas Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya, yakni

-Kasi Krimatologi Candra Buana “Membentuk Strategi Dalam Rujuk Menghadapi Perubahan Iklim”
– Kadis Kominfo Sulut Evans Steven Liow “Peran Teknologi Dalam Rujuk Menghadapi Perubahan Iklim”
-Humas PT Minahasa Permai Resort Development. (Regwilnnlhy)

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *