Pontoh Tegaskan Adat dan Budaya Bolmut Harus Diangkat ke Permukaan

  • Whatsapp
Bupati Depri Pontoh menyampaikan sambutan ada pembukaan Bolmut Expo/foto:hms
Bupati Depri Pontoh menyampaikan sambutan ada pembukaan Bolmut Expo/foto:hms
Bupati Depri Pontoh menyampaikan sambutan ada pembukaan Bolmut Expo/foto:hms

BOROKO, MANADONEWS – Ajang Bolmut Expo serta Festival Seni dan Budaya harus benar-benar memiliki makna dan manfaat yang sanggup mengangkat promosi daerah guna memperkenalkan potensi yang dimiliki dan juga sanggup membangun kesadaran dan komitmen seluruh masyarakat Bolmut dalam menjaga warisan seni dan budaya daerah yang harus terus dijunjung dan dilestarikan.

“Karena itu, di setiap tahun kita terus melakukan aktivitas di dalam menggairahkan kepariwisataan seperti penyelenggaraan Bolmut Expo, Festival Seni dan Budaya, Festival Kuliner Daerah, Festival Lagu Daerah, kemudian yang sudah digagas bersama dan sementara dipersiapkan pada tahun 2017 nanti adalah Sail Batu Pinagut dengan mengusung slogan “Mairu Mai Ko Bolmut,” papar Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh saat membuka secara resmi Bolmut Expo dan Festival Budaya Tahun 2016, di Alun-Alun Lapangan Kembar Boroko.

Bacaan Lainnya

Pontoh memberi apresiasi terhadap kegiatan ini, terutama kepesertaan yang melibatkan semua etnis yang ada di Kabupaten Bolmut sehingga diharapkan dapat menumbuh kembangkan pariwisata yang ada di Bolmut.

Baca Juga:  Pokja Zonasi Wilayah Pesisir Serahkan Salinan

“Adat dan budaya yang ada di Bolmut harus diangkat kepermukaan untuk ditampilkan sebagai identitas daerah,” tandasnya.

Menurutnya, dengan keragaman dan keindahan panorama alam yang dimiliki akan menjadikan Bolmut sebagai daerah tujuan wisata, tentunya dengan kemampuan pengelolaan yang baik serta mempertimbangkan secara optimal potensi dan prospektif obyek wisata yang dapat dikembangkan.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi ini selain dalam rangka peringatan HUT Ke 9 Kabupaten Bolmut juga bertujuan sebagai sarana promosi pembangunan daerah, kekayaan pariwisata dan kebudayaan daerah, kerajinan dan produksi buatan asli daerah, untuk menggali potensi wisata khususnya wisata budaya dan kuliner, serta untuk melestarikan kekayaan budaya daerah, yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba di bidang seni dan budaya.

Acara pembukaan Bolmut Expo dan Festival Budaya tahun 2016 diawali dengan parade budaya yang menggambarkan keanekaragaman kebudayaan dari berbagai etnis yang ada di Bolmut, dan juga dimeriahkan dengan penampilan tarian maumere yang dibawakan oleh gabungan Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan KIAD Kabupaten Bolmut.

Baca Juga:  Paskibraka Sangihe Dikukuhkan Bupati Hironimus Rompas Makagansa

Turut hadiri dalam acara pembukaan Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh-Talibo, Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, SH, Unsur Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bolmut, Plt. Sekretaris Daerah Dr. Asripan Nani, M.Si, Ketua DWP Kabupaten Bolmut Hj. Fitriana Nani-Buhang, SE, Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Bolmut Moh. Christoffel Buhang, S.Sos, Pimpinan SKPD, Para Camat dan Tokoh masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *