Realisasi PAD Bolmut per 30 Juli 2016 Capai 54 Persen

Bupati Depri Pontoh
Bupati Depri Pontoh
Bupati Depri Pontoh(kedua dari kiri) saat berlangsungnya Rapat evaluasi PAD dan PBB Bolmut/foto: hms

BOROKO, MANADONEWS – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka acara Rapat Evaluasi Realisasi Pendapatan Asli Daerah dan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2016, yang diselenggarakan Dinas PPKAD, bertempat di Hotel Metro Desa Kuala, Selasa (2/7).

Bupati dalam sambutannya mengatakan sebagaimana laporan kegiatan oleh Kepala Dinas PPKAD untuk SKPD  yang ada kaitannya dengan PAD, Bupati menyampaikan agar dievaluasi lebih lanjut di Kantor Bupati.

Bacaan Lainnya

“Dalam memasuki Tahun Ketiga pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan pasca dilimpahkan kewenangan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota sejak Tahun 2014. Maka dengan adanya pelimpahan tersebut, diingatkan, hendaknya pengelolaan pajak ini perlu ditangani dengan kehati-hatian agar tidak mengundang permasalahan yang tak terselesaikan,” paparnya.

Baca Juga:  Pemilik Mobil Rusak Parkir Depan Rumah Siap-siap Bertanggung-jawab

Untuk capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) s/d 30 Juli 206, realisasi baru mencapai 58,41%, Retribusi Daerah 36,68%, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 48,3%.

Prosentase capaian masing-masing kecamatan yaitu Kaidipang 37%, Bolangitang Barat 74,6%, Bolangitang Timur 44,6%, Bintauna 36,8%, Sangkub 28,8%, dan Pinogaluman 83,2%.

“Diharapkan setelah kegiatan ini dapat  menyelesaikan hingga 100% sebelum akhir bulan agustus. serta mengajak terlebih khusus kepada para sangadi dan lurah untuk dapat meningkatkan lagi kinerja dalam rangka pencapaian target PBB tahun ini yang pada gilirannya nanti akan menunjang peningkatan sumber pendapatan asli daerah,” kata Bupati.

Hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bolmut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Kepala Dinas PPKAD, Pejabat eselon II,III dan IV, para Camat, para sangadi se-Bolmut.

Pos terkait